Kami menerima laporan bahwa kunjungan Jokowi ke Pasar Rangkasbitung, sekaligus memberikan bantuan untuk pedagang kecil.
Lebak (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pasar Rangkasbitung untuk meninjau ketersediaan bahan pokok.
 
"Kami tentu menyambut positif kehadiran Jokowi ke Pasar Rangkasbitung yang rencana kedatangan Senin (8/1), sekaligus meresmikan Bendungan Waduk Karian," kata Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak Agus Nugraha, di Lebak, Jumat.
 
Disperindag Kabupaten Lebak berkoordinasi dengan instansi lain untuk menyambut kedatangan Jokowi ke Pasar Rangkasbitung, di antaranya dengan Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, TNI dan Polri.
 
Kunjungan Jokowi ke Pasar Rangkasbitung kali pertama, sehingga perlu dilakukan penataan-penataan dan juga kebersihan lingkungannya.
 
Selain itu, juga mempersiapkan jalur yang dilintasi Presiden Jokowi di Pasar Rangkasbitung tersebut.
 
Para pedagang bahan pokok di pasar itu dipersiapkan sebanyak 200 orang yang dikunjungi orang nomor satu di Indonesia.
 
"Kami menerima laporan bahwa kunjungan Jokowi ke Pasar Rangkasbitung, sekaligus memberikan bantuan untuk pedagang kecil," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, selama ini, Pasar Rangkasbitung masuk kategori terbesar di Kabupaten Lebak dengan menampung 2.300 pedagang kios dan pedagang kaki lima.
 
Nilai transaksi Pasar Rangkasbitung bisa mencapai Rp3 miliar per hari dan terbesar transaksi perhiasan emas dan bahan pokok serta kelontongan.
 
Bahkan, Pasar Rangkasbitung juga menampung hasil pertanian dan perkebunan serta peternakan yang dikembangkan masyarakat Kabupaten Lebak.
 
"Kami berharap kedatangan dan kunjungan Presiden Jokowi ke Pasar Rangkasbitung bisa menjadikan kekuatan ekonomi masyarakat," kata Agus pula.
 
Heni, seorang pedagang sembako di Pasar Rangkasbitung menyambut positif kedatangan Jokowi untuk memberikan dorongan dan motivasi, agar para pedagang usahanya bisa berkembang dan omzet pendapatan relatif baik.
 
"Kami merasa senang jika Jokowi ke Pasar Rangkasbitung, seperti blusukan ke pasar-pasar lain di Tanah Air," katanya menjelaskan.
Baca juga: Presiden Jokowi temui pedagang di Pasar Baros, Serang
Baca juga: Jokowi akan tinjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak Banten

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024