Palembang (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyebutkan pasangan calon presiden nomor 3 tersebut akan menurunkan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) untuk meringankan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), jika memenangkan Pilpres 2024.

Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsyad Rasyid di Palembang, Kamis, mengatakan UMKM adalah pondasi ekonomi dalam suatu negara. Jadi bagaimanapun pondasi ekonomi nasional itu harus kuat.

Maka dari itu, pasangan Ganjar-Mahfud ingin menurunkan suku bunga KUR agar para pelaku UMKM dapat naik kelas. Sebab, pemodalan ini menjadi kendala utama bagi UMKM untuk naik kelas.

“Saat Ganjar menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah sudah melakukan untuk menurunkan suku bunga KUR dan terbukti UMKM disana dapat naik kelas. Maka, beliau akan melakukan hal serupa secara nasional,” jelasnya.

Arsyad mengatakan dengan banyaknya UMKM yang naik kelas, maka semakin banyak lapangan pekerjaan tercipta.

“Jadi hal ini yang memang harus dilakukan untuk mengembangkan UMKM. Dan memang hal ini merupakan bagian dari program oleh pasangan Ganjar-Mahfud,” kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pada 12 Desember 2023, debat pertama Pilpres 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta. Kemudian, debat kedua Pilpres 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada 22 Desember 2023.

Baca juga: TPN: Pemerintahan Ganjar-Mahfud akan beli alutsista baru tanpa utang

Baca juga: Andi Widjajanto: Ganjar bakal sampaikan program baru di debat ketiga

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024