Apakah akhirnya Arsenal mampu memperoleh Luis Suarez untuk mempertajam lini depan? Wenger menjawab dengan penuh rendah hati bahwa langkah itu sebatas angan-angan saja.
London (ANTARA News) - Tak kunjung dirundung malang. Dan para pecinta dan pendukung setia Arsenal hendak memutus "kutuk" mitos itu dengan berujar dan berdendang bahwa mereka berupaya memperoleh satu atau dua pemain dengan kualitas jempolan memasuki kompetisi Liga Inggris (Premier League) musim 2013/2014.

Arsenal di bawah asuhan pelatih Arsene Wenger meraih peringkat keempat dalam klasemen Liga Inggris musim 2012/2013. Pelatih asal Prancis itu disinyalir tak pernah "ingin berubah", sebagaimana dikutip dari situs Guardian.

Ia kemudian melukiskan situasi rumit di klub asuhannya dengan mengutarakan, "Situasinya sedikit sama manakala anda ikut lomba lari seratus meter dan tiba-tiba banyak orang membeli Usain Bolt. Saya tidak tahu seberapa cepat anda. Dan hal itu justru akan menjadi masalah bagi anda."

Arsenal sebagaimana dinyatakan oleh ketua eksekutif Ivan Gazidis mengatakan, mereka kini memasuki era baru dengan dukungan kekuatan banyak dana untuk melakukan negosiasi kembali mengenai kontrak komersial.

Semua itu dilakukan sebagai upaya agar Arsenal dapat bersaing di musim depan terlebih menghadapi jendela transfer pemain yang makin kompetitif.

Wenger bukan tanpa alasan jika membanding-bandingkan dengan Bolt yang mengukir namanya dengan kecepatan luar biasa di laga atletik. Ia hanya ingin mengumandangkan nilai dari setiap langkah yang diambil ketika merespons jendela transfer pemain di musim depan. Musim ini merupakan tahun ke-18 bagi Wenger menukangi Arsenal.

Di bawah Wenger, pasukan Arsenal tampil dengan karakter bermain yang penuh semangat dengan didukung skuad mudia usia bertalenta. Dan Abou Diaby akan bersinar di musim depan.

"Bakal ada sedikit perubahan. Ini tentu tidak berlaku bagi mereka yang selama ini tampil optimal. Fokus kami tetap kepada peningkatan kualitas tim dalam setiap pertandingan."

Kontrak Wenger akan berakhir pada Juni tahun depan. Ia masih belum bergerak cepat dalam membeli pemain padahal Gazidis telah memberi lampu hijau.

Capaian yang kurang memuaskan Arsenal di musim lalu, lantaran kurang punya stok pemain berkualitas dunia. Memasuki musim depan, ada harapan agar Arsenal menuai semangat fantastis, terlebih setelah Jack Wilshere pulih dari cedera.

Arsenal juga telah merekrut striker berusia 20 tahun, Yaya Sanogo, dengan status bebas transfer dari Auxerre, Liga Prancis. Pemain Prancis keturunan Afrika itu disebut-sebut punya potensi berkembang di masa depan, meski ia punya riwayat sebagai pemain yang relatif mudah cedera. "Ini tentu mengagetkan anda...ia pemain berkelas," kata Wenger.

Soal rencana kesepakatan mengenai striker Argentina, Gonzalo Higuain yang kini membela Real Madrid.  "Kami tengah mengurus perijinan dari Real untuk melakukan negosiasi  dengan Arsenal," kata Jorge Higuain, ayah pemain itu bersama agennya pada 4 Juli lalu. "Saya akan dapat menyaksikan putraku berlaga di Liga Inggris." Rencana ini batal, karena Higuain akhirnya bergabung ke Napoli.

Strategi dan taktik Arsenal:         
* Apakah akhirnya Arsenal mampu memperoleh Luis Suarez untuk mempertajam lini depan? Wenger menjawab dengan penuh rendah hati bahwa langkah itu sebatas angan-angan saja.
* Strategi Wenger dalam merekrut pemain selama dua tahun ini mengalami perubahan. Mereka membeli Mikel Arteta dan Per Mertesacker pada 2011; Lukas Podolski, Olivier Giroud dan Santi Cazorla musim panas lalu. Klub menggariskan tidak akan membeli pemain seharga lebih dari 15 juta pound. Ini berpatokan dari pengalaman Arsenal ketika mendapatkan Andrey Arshavin pada 2009.  Pemain Rusia ini akhirnya dilepas pada 30 Juni.
* Arsenal kini menghadapi masalah di lini penyerang tengah. Thomas Vermaelen masih mengalami cedera sekurang-kurangnya selama enam pekan ke depan, Johan Djourou dilego ke Hamburg.  Ada opsi untuk memperkuat lini gelandang,  sementara Aaron Ramsey telah mengakhiri kontraknya musim lalu. Wenger mengarahkan bidikan kepada pemain Everton,  Marouane Fellaini.
* Di bawah mistar gawang, Wojciech Szczesny masih tanda tanya. Apakah ia memang pantas terus dipertahankan? Hanya saja penjaga gawang ini dapat terbela dengan argumentasi bahwa "tidak ada penjaga gawang yang tidak berbuat kesalahan" di musim lalu.
* Gelandang timnas Inggris, Wilshere belum seratus persen tampil optimal. Wenger menaruh harapan kepada pemain ini. Akankah harapan tinggal harapan?
* Wenger punya sejumlah amunisi, mereka adalah  Wilshere, Ramsey, Theo Walcott, Alex Oxlade-Chamberlain, Kieran Gibbs dan Carl Jenkinson. Ini belum ditambah beberapa nama yang menjanjikan di musim depan: Serge Gnabry dan Gedion Zelalem.

Prediksi Arsenal musim kompetisi 2013/2014:
* Musim ini bukan musim penuh bunga bagi Wenger. Arsenal masih ngotot mempertahankan Wenger. Pertimbangannya stabilitas penampilan tim, sementara para pecinta dan pendukung setia klub itu dapat saja mendatangkan satu atau dua pemain berkelas.
* Arsenal diprediksi finis di tempat kelima di musim kompetisi 2013/2014Konfigurasi transfer pemain:
 
Konfigurasi pemain: 
Pemain masuk: Yaya Sanogo (Auxerre) bebas transfer

Pemain keluar:  Chuks Aneke (Crewe) Loan, Martin Angha  (Nuremberg) bebas, Andrey Arshavin (Zenit St Petersburg) Free, Samir Bihmoutine (dilepas), Joel Campbell  (Olympiakos) dilego, Reice Charles-Cook (Bury) bebas, Francis Coquelin (Freiburg) dilego, Denilson (Sao Paulo) bebas transfer, Johan Djourou (Hamburg) dilego, Craig Eastmond (Colchester) bebas, Kyle Ebecilio  (Twente) bebas, Gervinho (Roma) 8 juta pound, Sead Hajrovic (dilepas), Conor Henderson (dilepas), Vito Mannone (Sunderland) , Jernade Meade (Swansea) bebas, Ignasi Miquel (Leicester) Loan, Elton Monteiro   (Club Brugge), Nigel Neita (dilepas), Joshua Rees (dilepas), Philip Roberts  (Falkirk) bebas, Andre Santos (Flamengo), James Shea (dilepas), Sebastien Squillaci   (Bastia) bebas, Sanchez Watt (Colchester) bebase, Jordan Wynter (Bristol City) bebas transfer.

Prediksi pengamat bola :
Ankur Desai (BBC):
"Hanya ada satu pemain yang  datang yakni  Yaya Sanogo, seorang pemain yang catatan prestasinya belum diketahui benar oleh publik bola. Pemain ini bahkan punya sederet catatan cedera."
"Wenger beroleh hasil semenjana s aja di musim lalu. Ini tanda peringatan bagi dia untuk segera mengambil langkah krusial."   

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013