Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menanyakan permasalahan kesehatan mental saat melakukan siaran langsung atau live di media sosial TikTok pada malam hari kampanye ke-39, Jumat (5/1).

Ganjar menanyakan soal kesehatan mental kepada Yudha, seorang pengguna TikTok, yang diberikan kesempatan untuk berbicang secara langsung dengan dirinya. Yudha memperkenalkan dirinya sebagai mahasiswa di Universitas Islam Negeri Salatiga, Jawa Tengah.

"Saya mau nanya dong sebelum kamu nanya. Kenapa banyak sekarang anak-anak muda sering bertanya soal kesehatan mental? Itu sebenarnya kenapa? Ini kan Mas Yudha mewakili anak-anak muda ya," kata Ganjar saat melakukan siaran langsung yang dipantau dari Jakarta, Jumat (5/1) malam.

Yudha kemudian mengonfirmasikan ulang kepada Ganjar terkait pertanyaan yang diajukan oleh pasangan calon wakil presiden Mahfud Md tersebut.

"Untuk masalah kesehatan mental ya, Pak?" tanya Yudha.

Mantan Gubernur Jawa Tengah selama dua periode tersebut kemudian menanyakan kembali pertanyaannya kepada Yudha.

"Bertanya soal itu, apakah ada tekanan mental kejiwaan gitu?" tanya Ganjar.

Menurut dia, anak-anak muda saat ini kemungkinan memiliki tekanan mental dari berbagai sisi. Yudha mencontohkan dari orang tua, masyarakat, atau pendidikan.

"Jadi itu hal yang wajar bagi mereka untuk menanyakan tentang kesehatan mental itu, Pak. Ya memang kesehatan mental ini sangat harus diawasi, Pak, harus banyak penelitian tentang kesehatan mental," kata Yudha.

Ganjar kemudian menanyakan Yudha mengenai pihak-pihak yang menjadi tempat konsultasi untuk mengatasi permasalahan kesehatan mental tersebut.

"Biasanya kalau teman-temanmu ada tekanan-tekanan mental, batin begitu ya, stres gitu ya, itu konsultasinya ke siapa biasanya?" tanya Ganjar.

Yudha menjelaskan bahwa teman-temannya melakukan konsultasi ke psikolog maupun psikiater secara langsung untuk mengatasi permasalahan kesehatan mental. Salah satunya, kata dia, dengan memanfaatkan fasilitas kampus.

"Bagus ya," kata Ganjar mengakhiri perbincangan.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan bahwa dirinya ingin mengobrol dengan pengguna TikTok. Ia juga sempat minta maaf karena baru sempat melakukan siaran langsung di malam hari.

"Ada lagi yang mau ngobrol? Ini lagi cek ternyata cukup banyak ini (penontonnya). Oke siapa lagi? Oh tadi tuh rame banget ya cerita yang di (media sosial) X saya, ternyata teman-teman pada menunggu. Sorry (maaf) karena tadi kita masih ada acara sambil nunggu hujan," kata Ganjar.

Pada siaran langsung tersebut, tercatat sebanyak 232 ribu pengguna menyaksikan Ganjar di malam hari kampanye ke-39.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TPN nilai keberpihakan lebih penting daripada keberlanjutan-perubahan
Baca juga: TPN: Pemerintahan Ganjar-Mahfud akan beli alutsista baru tanpa utang

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024