Surabaya (ANTARA) - Mantan Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono resmi terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masa bakti 2024-2029 melalui Musyawarah Pusat (Muspus) IKA Unesa, Jumat (5/1) malam.
 
Dalam gelaran Muspus tersebut, tercatat dari 13 perwakilan IKA komisariat dan cabang yang memiliki hak suara, 12 perwakilan di antaranya secara bulat mengajukan Bambang Dwi Hartono (DH) menjadi Ketua Umum IKA Unesa, satu perwakilan cabang tidak menggunakan hak suaranya, tetapi mendukung siapapun yang terpilih.

Bambang DH yang merupakan alumnus IKIP Surabaya (kini Unesa) dari Prodi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam itu berterima kasih kepada seluruh jajaran alumnus Unesa yang telah mempercayakan amanah menjadi Ketum IKA, terutama yang turut berpartisipasi secara aktif dalam proses Muspus dengan baik.
 
"Saya ucapkan terima kasih Muspus berjalan sangat baik, dan terima kasih atas amanah yang diberikan oleh para peserta Muspus. Saat ini, mari kita bersama-sama memajukan IKA Unesa dan Unesa dengan semangat kebersamaan dan gotong royong," ujar pria yang kini menjadi anggota DPR RI itu.

Baca juga: Unesa kukuhkan 3 guru besar dan 8 adjunct professor dari luar negeri
 
Bambang mengungkapkan bahwa para alumni Unesa memiliki potensi yang luar biasa. Mereka sudah memberikan warna dan sumbangsih yang nyata dalam pembangunan skala regional, nasional maupun internasional.
 
Tentu, kata dia, hal itu menjadi modal penting dan berharga bagi IKA Unesa dan Unesa.
 
"Semua potensi alumni itu, tentu harus kita optimalkan melalui wadah IKA Unesa ini sehingga bisa bersinergi untuk terus untuk semakin membesarkan nama Unesa dan anggota IKA Unesa. Mari bersama-sama membangun sukses IKA Unesa dengan sebuah perencanaan," ucapnya.
 
Sebagai alumnus yang sudah malang melintang baik di eksekutif maupun legislatif, Bambang juga mengajak peran serta IKA Unesa untuk turut membantu melalui beragam potensi yang dimiliki untuk membawa Unesa dan Indonesia lebih baik lagi.

Baca juga: Unesa dan The University of York kolaborasi atasi kesulitan belajar
 
"Antaralumni jangan ada faksi-faksian, karena faksi kita hanya satu yakni faksi Unesa," ucapnya.
 
Menurut Bambang, misi itu lebih penting dari hanya sekadar posisi. Artinya, menjadi posisi apapun, haruslah didasari pada misi kebermanfaatan untuk IKA Unesa, Unesa sebagai lembaga, dan bagi pihak-pihak lain.
 
"Karena saya sudah didorong untuk menjadi ketum, ya mari bersama-sama kita bangun dengan penuh komitmen untuk mewujudkan misi organisasi IKA Unesa ini untuk kebermanfaatan," ujarnya.
 
Sementara itu, Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan berharap IKA Unesa di bawah kepemimpinan Bambang DH bisa menjalin kerja sama dan sinergi yang untuk kemajuan kampus ini.

Baca juga: Unesa luncurkan program Bulan Pendidikan
 
"Pak Bambang sosok yang humble, cerdas, berpengalaman, dan penuh dedikasi. Jadi, saya kira sangat tepat jika akhirnya beliau mendapatkan kepercayaan dari para peserta Muspus untuk memimpin IKA Unesa," tutur Nurhasan, alumnus Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa itu.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024