Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama meluncurkan pencitraan virtual 360 derajat Candi Borobudur pada Devotion Experience (Dev-X) Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 Kemenag, di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu.
 
Melalui pencitraan ini, masyarakat Indonesia dan dunia dapat menjelajahi situs warisan dunia Candi Borobudur secara virtual: merasakan langsung lokasi, bangunan, dan ukiran melalui pencitraan 360 derajat.
 
"Bimas Buddha memeriahkan HAB Ke-78 Kemenag dengan meluncurkan satu fasilitas pemanfaatan Candi Borobudur untuk kepentingan edukasi umat Buddha Indonesia dan dunia," ujar Dirjen Bimas Buddha Kemenag Supriyadi di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Pemasangan Chattra di puncak stupa Borobudur tambah aura spiritualitas
 
Supriyadi mengatakan pencitraan ini menjadi pengembangan pertama yang dilakukan oleh Kementerian Agama. Dengan adanya pencitraan itu, masyarakat yang belum sempat datang ke Borobudur bisa merasakan pengalaman menarik secara 360 derajat.
 
Selain pencitraan 360 derajat, sensasi Candi Borobudur juga bisa dirasakan melalui Virtual Reality (VR). Masyarakat seolah-olah diajak sedang berada langsung di Candi Borobudur.
 
"Setiap wisatawan, masyarakat, yang akan mencoba memaknai Candi Borobudur dan memiliki keterbatasan waktu untuk naik ke atas, maka kami mengisi makna ini dengan menyiapkan sebuah fasilitas agar setiap orang dapat mengamati dan mempelajari Candi Borobudur," kata dia.
 
Sensasi pencitraan 360 derajat dan VR ini dimulai dari bangunan lantai dasar, terus bergerak hingga lantai 9, dan berakhir di stupa puncak.

Baca juga: TWC dukung Candi Borobudur sebagai "Spiritual Destination"
 
Saat ini, kata dia, masyarakat hanya bisa melihat relief bangunan candi. Ke depan, kata Supriyadi, akan dilengkapi dengan informasi-informasi perihal relief, baik secara teks maupun audio.
 
"Yang kita luncurkan ini masih tahap pertama, nanti ke depan akan terus dikembangkan lagi. Kita ingin menjadikan Candi Borobudur sebagai edukasi dan religi," kata dia.
 
Pemilik Studio Ubud Lindra Hismanto yang digandeng untuk menggarap proyek ini mengatakan butuh sekitar 700-an foto panorama pencitraan baru untuk memvisualisasikan Candi Borobudur secara detail.
 
"Kami juga menghitung cahaya matahari saat proses pengambilan gambar agar foto-foto yang diambil bisa maksimal," kata dia.

Baca juga: Pakar lintas ilmu bahas kelestarian Candi Borobudur
 
Bagi masyarakat yang ingin merasakan sensasi melihat Candi Borobudur baik secara 360 derajat maupun VR dapat mengunjungi situs https://bimasbuddha.kemenag.go.id/borobudur/360/.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024