Mulai tahun 2022 kami lakukan revitalisasi dengan fungsi dan fasilitas yang lebih lengkap...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Terminal Tipe A Pakupatan di Serang, Banten, Sabtu, yang rencananya akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (8/1).

Budi Karya memeriksa fasilitas gedung, area kedatangan penumpang, area bis, dan lokasi sentra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan terminal yang direvitalisasi sejak 2022 itu.

“Mulai tahun 2022 kami lakukan revitalisasi dengan fungsi dan fasilitas yang lebih lengkap sehingga, masyarakat semakin nyaman untuk datang ke terminal," kata Budi Karya.

Baca juga: Terminal Tanjung Priok catat kedatangan 943 penumpang arus balik

Budi Karya mengatakan terminal tersebut sudah ada sejak 1995 yang berfungsi melayani angkutan massal dalam kota, anta kota dalam provinsi (AKDP), dan antarkota antarprovinsi (AKAP).

Budi menjelaskan bahwa sejak ada pelimpahan kewenangan pengelolaan Terminal Tipe A dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat, revitalisasi Terminal Tipe A menjadi salah satu program prioritas pemerintah.

“Kami terus meningkatkan fasilitas terminal selayaknya bandara, agar semakin meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi massal khususnya bus,” kata Budi Karya.

Budi mengatakan seperti revitalisasi yang telah dilakukan di sejumlah terminal, Terminal Pakupatan mengusung konsep multifungsi (mixed use).

Konsep ini menjadikan terminal sebagai sarana multifungsi dengan tiga fungsi utama meliputi: fungsi sebagai tempat naik turun penumpang bus, fungsi sebagai penggerak perekonomian daerah, dan fungsi sebagai pusat kegiatan sosial, seni, dan budaya.

Setiap hari terminal dengan luas lahan 30.569 meter persegi itu melayani 359 bus yang beroperasi yang terdiri dari 265 bus melayani trayek antarkota antarprovinsi (AKAP) dan 94 bus melayani trayek antarkota dalam provinsi (AKDP).

Baca juga: Menhub: Revitalisasi terminal kenalkan konsep baru sebagai pusat UMKM

Terminal Pakupatan melayani 84 trayek bus AKAP dan 23 trayek AKDP dengan jumlah rata-rata penumpang yang dilayani sekitar tiga ribu lebih penumpang per hari.

Turut hadir dalam peninjauan ini Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dan Pj Wali Kota Serang Yedi Rahmat.


 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024