Semarang (ANTARA) -
Co-Captain Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Sudirman Said mengatakan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memiliki keunggulan soal topik debat ketiga secara akademik.

Pada debat ketiga Pemilu Calon Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, KPU menetapkan topik yang akan dibahas yakni seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
 
Sudirman mengatakan Mantan Gubenur DKI Jakarta itu menguasai topik yang akan dibahas pada debat ketiga karena telah menempuh pendidikan S2 dan S3 yang berkaitan dengan topik tersebut.
 
"Jadi dari segi substansi saya tidak punya kekhawatiran apa-apa Insya Allah. Kita tidak jemawa tapi rasanya materi akan sangat baik dikuasai," kata Sudirman kepada ANTARA di kediamannya, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu.
 
 
Walaupun telah mendalami topik, Anies, kata Sudirman, perlu menghubungkannya dengan konteks kekinian. Menurutnya saat ini banyak isu-isu pertahanan yang memerlukan perhatian.
 
Salah satu isu yang akan diangkat oleh Anies, menurutnya soal bagaimana Indonesia bisa mengurangi ketergantungan impor persenjataan.
 
"Termasuk manajemen alutista, bagaimana membangun industri dalam negeri," kata dia.
 
Kemudian menurutnya Anies juga bakal menyoroti isu kesejahteraan prajurit. Karena isu pertahanan menurutnya bukan hanya berkaitan dengan persenjataan saja.
 
"Itu saya kira akan jadi bahan perdebatan besok malam yang cukup menarik," katanya.

Selain itu, Anies bakal mengemukakan istilah soft power yang diyakini mampu memperkuat peran bangsa Indonesia tanpa kekuatan persenjataan saja.
 
Walaupun membangun persenjataan penting, tetapi diplomasi yang baik, peran-peran dalam ilmu pengetahuan, peran dalam perdamaian dunia, hingga peran dalam membangun kawasan juga tak kalah penting.
 
"Saya kira keahlian yang bakal ditawarkan Pak Anies kepada lingkungan global yang di depan mata," katanya.
 
KPU bakal menggelar debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu (6/1). Sebelumnya KPU telah menggelar debat pertama yang diikuti para capres dengan topik hukum hingga demokrasi, dan debat kedua yang diikuti cawapres dengan topik soal ekonomi dan pembangunan.

Baca juga: Ganjar soal etika politik Jokowi: Kita punya problem etika

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024