Brebes, Jawa Tengah (ANTARA) -
Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) mengatakan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 itu akan memanfaatkan keahlian anak-anak muda demi membangun sektor pertahanan.
 
Menurut dia, di Indonesia banyak anak muda yang punya kemampuan di bidang pembangunan persenjataan militer melalui teknologi yang lebih maju.

"Dan menurut saya, puluhan tahun kita membangun mengirim begitu banyak ahli ke luar negeri," kata Sudirman kepada ANTARA di kediamannya, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu.
 
Dia mengatakan bahwa membangun pertahanan atau persenjataan Indonesia diperlukan tetapi kebijaksanaan penggunaan fiskal yang terbatas merupakan hal yang penting.
 
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu mengatakan kedaulatan negara tidak hanya dibangun melalui persenjataan, tetapi juga harus dibangun melalui pemenuhan kebutuhan dasar.
 
Pemenuhan kebutuhan dasar itu, kata dia meliputi kesejahteraan para prajurit TNI. Menurut dia, jika kesejahteraan dan kesehatannya terjamin, maka para prajurit akan termotivasi walaupun memiliki keterbatasan persenjataan.
 
Dia menilai dalam 10 tahun terakhir, kesejahteraan para prajurit TNI itu tidak mengalami kenaikan yang signifikan.
 
Maka dari itu, dia mengatakan pasangan AMIN akan menangani masalah kesejahteraan prajurit, mulai dari perumahan, kesehatan, hingga pendidikan anak-anaknya.
 
"Bila kita punya prajurit termotivasi, maka betapapun terbatasnya persenjataan atau peralatan, maka mereka akan berkreasi," kata dia.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Sudirman Said: Anies kuat soal topik debat ketiga secara akademik
Baca juga: Sudirman yakin perolehan suara Anies di Jateng akan mengejutkan

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024