... rapat kordinasi sudah saya ingatkan kepada semua bahwa tata tertib petugas yang bekerja melipat dan menyortir nantinya harus diperketat misal seperti kuku yang panjang yang tentunya berpotensi merobek kertas suara itu harus dipotong dan masih ba
Kendari (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kendari di Sulawesi Tenggara akan betul-betul mengawasi pada proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang akan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendari, Minggu.

Ketua Bawaslu Kendari, Sahinuddin, mengatakan, pengawasan itu dilaksanakan secara langsung di lapangan secara bergantian guna memastikan surat suara yang ada memiliki ketepatan secara jumlah dan kualitas serta tidak ada masalah.

“Jadi kami telah membentuk tim yang akan bekerja secara bergantian mengawasi dan mengawal langsung penyortiran dan pelipatan surat suara ini hingga usai,” kata dia.

Menurut dia, penting melakukan pengawasan yang ketat terhadap surat suara sebab esensi dari Pemilu itu sendiri berada pada surat suara sehingga apabila terjadi kerusakan atau masalah maka kami pastikan akan dilaporkan guna dilakukan penggantian secara administratif.

“Sudah kami ingatkan juga kepada petugas bahwa jangan sampai ada kerusakan surat suara yang diakibatkan oleh mereka,” ujarnya.
Bawaslu Kendari mengawasi secara ketat proses penyortiran surat suara. ANTARA/Andry Denisah

Ia menambahkan dalam rakor penyortiran dan pelipatan surat suara ia telah mengingatkan kepada semua pihak dalam hal ini KPU sebagai pelaksana teknis maupun jajaran kepolisian dan pengawas Pemilu agar memastikan tata tertib kepada petugas yang bekerja pada saat pelaksanaan terus dijaga dan diawasi.

“Saat rapat kordinasi sudah saya ingatkan kepada semua bahwa tata tertib petugas yang bekerja melipat dan menyortir nantinya harus diperketat misal seperti kuku yang panjang yang tentunya berpotensi merobek kertas suara itu harus dipotong dan masih banyak lagi aturan lain,” tambahnya.

Selain itu, ia menuturkan selain pengawasan yang pihaknya lakukan juga dibutuhkan sinergitas dari pihak-pihak lain yang ditugaskan untuk mengawal proses penyortiran dan pelipatan ini demi menyukseskan Pemilu 2024 yang tinggal menghitung hari.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024