Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) wilayah Jakarta Selatan mengirimkan perahu jenis polyethylene untuk membantu warga yang terdampak banjir di Jalan Nis, Cilandak Timur, Pasar Minggu.
 
"Kami membantu warga yang pulang dari kerja atau berpergian dari rumahnya maupun menuju rumah," kata Komandan Peleton Tim Reaksi Cepat (BPBD) Jakarta Selatan, Muhammad Nur saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Nur mengatakan banjir yang diakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat menyebabkan Kali Krukut meluap di wilayah Jakarta Selatan pada hari ini.
 
"Ada dua RT/RW yaitu 009/03 dan 003/03 dengan ketinggian air mencapai 140 hingga 160 sentimeter," katanya.
 
Ia menjelaskan pihaknya mengerahkan lima personel dari BPBD, tiga personel dari Babinsa, empat dari Damkar, dua dari Bhabinkamtibmas, 15 dari PPSU, tiga dari FKDM dan pihak kelurahan setempat.
 
"Kami masih melakukan pemantauan di lapangan dibantu seluruh pihak terkait," jelas Nur.
 
Sejumlah petugas BPBD membantu warga yang terdampak banjir di kawasan Jalan NIS, Jakarta, Minggu (7/1/2024). ANTARA/Bayu Pratama Syahputra.
 
Nur menambahkan, untuk mempermudah petugas di lapangan dalam membantu warga di kawasan tersebut pihaknya memasang tali karmantel.
 
"Kami sedang memasang tali karmantel untuk jalur agar mempermudah proses membantu warga yang terdampak," tambahnya.
 
Nur mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah Jakarta Selatan untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap potensi genangan akibat intensitas hujan yang cukup tinggi.
 
"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," ujar Nur.

Baca juga: BPBD catat penurunan genangan di beberapa wilayah DKI Jakarta

Baca juga: Tim SAR evakuasi korban banjir di Jakarta dengan perahu karet

Baca juga: BPBD DKI prediksi curah hujan lebat terjadi hingga 10 Januari
 

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024