Kathmandu (ANTARA) - Masyarakat Nepal saat ini tengah sibuk merayakan Festival Sakela Udhauli di Kathmandu, Nepal, sebagai bentuk rasa syukur mereka kepada alam yang telah memberikan panen melimpah.

Dengan mengenakan pakaian tradisional, para pria dan wanita setempat bernyanyi dan menari seraya memanjatkan doa-doa mensyukuri melimpahnya hasil panen mereka kali ini.

Sakela Udhauli merupakan festival terbesar bagi komunitas Kirat di Nepal dan dirayakan selama 15 hari, menampilkan tarian dalam lingkaran besar diiringi musik yang dimainkan dengan sejumlah alat musik seperti madal dan dhol.

Berikut ini sekilas suasana perayaan Festival Sakela Udhauli di Nepal tersebut.
 
Sejumlah orang yang mengenakan pakaian tradisional menari untuk merayakan Festival Sakela Udhauli di Kathmandu, Nepal, pada 6 Januari 2024. (Xinhua/Sulav Shrestha)
 
Sejumlah wanita yang mengenakan pakaian tradisional menari saat merayakan Festival Sakela Udhauli di Kathmandu, Nepal, pada 6 Januari 2024. (Xinhua/Sulav Shrestha)
 
Sejumlah orang mengenakan pakaian tradisional dan memainkan alat musik saat perayaan Festival Sakela Udhauli di Kathmandu, Nepal, pada 6 Januari 2024. (Xinhua/Sulav Shrestha)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024