Kapuas Hulu (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1206/Putussibau mendirikan Pos Koramil untuk memperkuat keamanan teritorial di Kecamatan Boyan Tanjung menjelang Pemilu di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Kecamatan Bunut Hilir dan Kecamatan Boyan Tanjung hanya ada satu Koramil, sehingga perlu didirikan Pos Koramil di Boyan Tanjung, terutama menjelang Pemilu," kata Komandan Kodim 1206/Putussibau, Letnan Kolonel Infantri Nasli, di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Timur, Minggu.

Ia bilang, dengan adanya Pos Koramil di Boyan Tanjung dapat mempermudah anggota koramil memberikan tugas pelayanan maupun keamanan, sebab wilayah Koramil Bunut Hilir terlalu luas.

Baca juga: Timnas AMIN soal Anies ditampar: Kami tingkatkan pengamanan

Selain itu, Pos Koramil 1206-08/Bunut Hilir tersebut juga dapat menjadi sarana komunikasi demi kepentingan tugas dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Ia pun mengapresiasi atas dukungan masyarakat dan pihak kecamatan dan pemerintahan di tingkat desa atas berdirinya Pos Koramil tersebut terutama atas lahan.

Mestinya, kata dia, saat pemekaran Kecamatan Boyan Tanjung itu duluan sudah juga ada Koramil seperti halnya adanya Polsek Boyan Tanjung.

Baca juga: 1.412 anggota Satlimas siap bantu pengamanan Pemilu 2024 di Singkawang

"Pos Koramil itu nantinya bukan hanya untuk persiapan pada Pemilu melainkan berkelanjutan dengan harapan berdiri Koramil Boyan Tanjung, yang selama ini masih bergabung dengan Koramil Bunut Hilir," jelasnya.

Ia juga menekankan agar personil TNI selalu hadir membantu masyarakat serta menyelesaikan segala persoalan dengan tetap mengedepankan keamanan dan ketertiban.

Ia katakan, sampai saat ini situasi di Kabupaten Kapuas Hulu sangat kondusif, sinergisitas TNI dan Polri dan semua pihak hingga lapisan masyarakat sudah terjalin dengan baik. "Keamanan dan ketertiban harus terus kita jaga bersama-sama menjelang pelaksanaan Pemilu dan seterusnya," katanya.

Baca juga: TNI AL siapkan satuan sesuai permintaan bantu amankan Pemilu 2024

Oleh karena itu, diaberpesan agar masyarakat selalu membantu aparat keamanan untuk mewujudkan situasi yang kondusif menuju Pemilu yang aman dan damai.
"Apabila persoalan komunikasikan dan segera diselesaikan, agar keamanan dan ketertiban selalu terjaga dengan baik dalam merawat persatuan dan kesatuan NKRI," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024