Negara harus memastikan mereka punya rumah dinas dan memastikan kesejahteraannya aman sehingga bisa konsentrasi bertugas
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menjanjikan kenaikan gaji setiap tahun untuk anggota Polri, TNI, dan aparatur sipil negara (ASN) bidang pertahanan bila ia memenangkan Pilpres 2024.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menegaskan bahwa kesejahteraan bagi aparat negara itu penting untuk diwujudkan agar para personel penjaga keamanan negara dan masyarakat itu bisa fokus bekerja dan mengabdi secara maksimal bagi negara.

"Mereka yang diberi tugas untuk mengamankan negara harus dipikirkan kesejahteraannya, caranya yaitu memastikan kenaikan gaji setiap tahunnya," kata Anies saat segmen terakhir dalam pelaksanaan debat ketiga yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Dia juga menekankan bahwa setiap aparat negara juga harus dipastikan memiliki rumah atau minimal rumah dinas agar mereka bisa berkonsentrasi saat bekerja tanpa terlalu memikirkan masalah pribadi terkait tempat tinggal.

"Negara harus memastikan mereka punya rumah dinas dan memastikan kesejahteraannya aman sehingga bisa konsentrasi bertugas," ujar Anies.

Baca juga: Prabowo berjanji perbaiki kesejahteraan anggota TNI, Polri, dan ASN

Baca juga: Cek fakta klaim Anies kenaikan gaji TNI di era SBY sembilan kali sedangkan era Jokowi tiga kali.


Capres nomor urut satu tersebut pun menegaskan bahwa peningkatan kesejahteraan bagi anggota Polri, TNI, dan ASN pertahanan negara harus diwujudkan sebagai langkah awal untuk meningkatkan sistem pertahanan nasional ke depan.

"Sehingga peningkatannya bisa dilakukan secara mendasar dan bertahap untuk kepentingan negara," ucapnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga yang digelar oleh KPU meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024