Jakarta (ANTARA) - Manchester City melaju mulus ke putaran keempat Piala FA setelah melibas Huddersfield Town lima gol tanpa balas di Stadion Etihad pada Minggu.

Phil Foden mencetak dua gol dalam pertandingan ini, dengan tiga gol lainnya disumbangkan oleh Julian Alvarez, bunuh diri Ben Jackson dan Jeremy Doku.

Kevin De Bruyne juga melakukan comeback dan membuat assist setelah absen lebih selama 149 hari karena cedera hamstring.

Bek City Manuel Akanji, harus ditarik keluar karena mengalami cedera saat pertandingan baru berumur 18 menit. Saat itu, Akanji mendapatkan tekel keras dari pemain Huddersfield, Alex Matos.

Meski demikian, City tetap mampu mengontrol laga dan berhasil memimpin 1-0 melalui Phil Foden pada menit ke-33. Bermula saat Julian Alvarez melepaskan operan kepada Foden di dalam kotak penalti Huddersfield.

Gelandang asal Inggris itu langsung memasukkan bola ke gawang Huddersfield melalui sepakan keras kaki kiri.

Phil Foden mengukir rekor sebagai satu-satunya pemain yang mampu mencetak gol di Piala FA dalam enam musim terakhir.

Tidak butuh waktu lama, City menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 melalui aksi Julian Alvarez pada menit ke-37.

Permainan kerja sama yang apik antara Nunes dan Rico Lewis dituntaskan oleh Alvarez dengan tendangan kaki kiri yang melewati kolong kaki bek Huddersfield, Tom Lees, sebelum masuk ke gawang.

Skor 2-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Baca juga: Chelsea menang telak 4-0 lawan Preston North End di Piala FA

Pelatih City, Pep Guardiola memasukkan Kevin de Bruyne untuk menggantikan Julian Alvarez pada menit ke-57. Bagi De Bruyne, ini menjadi kali pertama dirinya kembali merumput untuk City sejak 11 Agustus 2023.

City memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-58. Matheus Nunez menerima umpan lambung. Ia lalu memberikan operan kepada Bobb, yang melepaskan umpan dan mengenai pemain Huddersfield, Ben Jackson sebelum bola masuk ke gawang sendiri.

Pada menit ke-65, The Citizens kembali menambah keunggulan mereka melalui tendangan keras Phil Foden dari luar kotak penalti untuk mengubah skor menjadi 4-0.

Tidak lama kemudian, Kevin De Bruyne memberikan assist lewat umpan lambung yang disambut tendangan voli Jeremy Doku menjadi gol. City unggul 5-0 pada menit ke-74.

Tidak ada gol tambahan di sisa waktu, Manchester City pun berhasil memenangi pertandingan dan melaju je putaran keempat Piala FA 2023-2024.

Susunan pemain:
 
Manchester City (4-2-3-1): Stefan Ortega; Manuel Akanji, Ruben Dias, Josko Gvardiol, Sergio Gomez; Rico Lewis, Mateo Kovacic; Oscar Bobb, Phil Foden, Jack Grealish; Julian Alvarez
 
Huddersfield Town (5-4-1): Lee Nicholls; Brodie Spencer, Tom Lees, Michal Helik, Rarmani Edmonds-Green, Ben Jackson; Ben Wiles, Jack Rudoni, Alex Matos, Josh Koroma; Sorba Thomas.

Baca juga: Tottenham Hotspur menang tipis 1-0 atas Burnley di Piala FA

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024