"Karena ASN terus diawasi sehingga saya harap jangan sampai ada ASN di lingkungan Pemkot Jayapura yang terlibat langsung dalam politik praktis baik menjelang pemilihan Presiden dan wakil presiden maupun pilkada,"
Jayapura (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Jayapura, Papua Fran Pekey mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah tersebut untuk tidak terlibat politik praktis dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Karena ASN terus diawasi sehingga saya harap jangan sampai ada ASN di lingkungan Pemkot Jayapura yang terlibat langsung dalam politik praktis baik menjelang pemilihan Presiden dan wakil presiden maupun pilkada," katanya di Jayapura, Senin.

Menurut Pekey, pihaknya berharap agar netralitas ASN tetap dijaga sehingga ke depan tidak mendapatkan masalah tetapi sebaliknya dapat memberikan pencerahan jika terjadi gesekan di tengah masyarakat terkait penyelenggaraan pemilu.

"ASN harus bisa bisa memberikan pencerahan dengan menghadirkan para tokoh masyarakat atau agama jika adanya potensi yang dapat merugikan banyak orang," ujarnya.

Dia menjelaskan kehadiran ASN juga sebagai pemersatu bangsa dengan demikian pihaknya mengharapkan supaya peran ini dapat dilakukan pada setiap lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Karena Jayapura merupakan kota yang sangat heterogen jika tidak memupuk persatuan maka sangat berpotensi munculnya berbagai konflik," katanya.

Dia menambahkan pihaknya memberikan apresiasi kepada seluruh ASN di daerah itu yang telah bekerja keras selama 2023 sehingga Pemkot Jayapura berhasil meraih sebanyak 23 prestasi baik dari kementerian maupun lembaga.

"Sehingga diharapkan agar 2024 menjadi tahun optimisme dan memperbaiki serta meningkatkan kinerja demi mensejahterakan masyarakat Kota Jayapura," ujarnya.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024