Ditargetkan seluruh ruas JORR 2 rampung pada triwulan pertama 2024. Hari ini, Senin (8/1) yang diresmikan adalah ruas Tol Cinere - Raya Bogor (11,2 km) dan Serpong - Cinere seksi 2 Pamulang - Cinere (3,6 km).
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan seluruh ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 selesai pada triwulan pertama 2024.

"Ditargetkan seluruh ruas JORR 2 rampung pada triwulan pertama 2024. Hari ini, Senin (8/1) yang diresmikan adalah ruas Tol Cinere - Raya Bogor (11,2 km) dan Serpong - Cinere seksi 2 Pamulang - Cinere (3,6 km)," ujar Basuki di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan, jalan tol yang baru diresmikan tersebut merupakan bagian dari jaringan tol JORR 2 sepanjang 111 km yang melingkar dari Cengkareng Bandara Soekarno Hatta, Kunciran, Serpong, Cinere, Cimanggis, Cibitung, Cilincing hingga Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca juga: Menteri PUPR: Perbaikan jalan daerah kembangkan wisata pansela Jateng

Saat ini ruas JORR 2 yang masih dalam tahap penyelesaian adalah Tol Cimanggis - Cibitung seksi 2B Cikeas - Cibitung sepanjang 19,65 km.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Miftachul Munir mengatakan dengan dioperasikannya Serpong - Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere ini maka Jalan Tol Serpong-Cinere dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Cinere - Serpong Jaya beroperasi penuh, melengkapi Seksi 1 Serpong-Pamulang yang telah terlebih dulu beroperasi pada 2021.

"Tentunya semakin mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta. Terutama, ketika Seksi 2 Pamulang-Cinere ini tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) yang saat ini juga telah rampung," kata Munir.

Baca juga: Menteri PUPR: Duplikasi jembatan CH di Jateng tingkatkan logistik

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pamulang - Cinere - Raya Bogor pada Senin (8/1).

Jalan tol ini melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek yang sebelumnya sudah ada, mencakup ruas tol lingkar dalam sepanjang 46 km, Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 sepanjang 65 km dan JORR 2 sepanjang 111 km.

Pengoperasian jalan tol ini memberikan lebih banyak pilihan masyarakat untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dan pusat-pusat layanan perkotaan lain, tanpa harus masuk ke jalan tol dalam kota dan JORR-1.

Selain itu, pengoperasian Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor juga diharapkan dapat memperlancar mobilitas masyarakat, barang dan logistik serta dapat mengurangi kemacetan di dalam kota Jakarta.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024