Jakarta (ANTARA) -
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengatakan calon presiden (capres) Anies Baswedan memiliki komitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai pelaku utama atau penentu dalam kebijakan di kancah global, sehingga tidak hanya menjadi "penonton".

 
 
 
 
Ia juga memuji Anies yang tampil mengesankan dalam debat ketiga yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (7/1) malam.
 
 

 
 
"Pak Anies Baswedan kembali tampil memukau di debat ketiga, beliau memaparkan visi dan misi Indonesia yang tidak boleh lagi hanya berperan sebagai penonton dalam konstelasi internasional, tetapi harus menjadi salah satu kekuatan penentu kebijakan di dunia," kata Syaikhu dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

 
 
 
 
Dia menilai, Anies memaparkan gagasan tentang bagaimana Indonesia harus tampil di kancah internasional, melalui pembangunan kekuatan ekonomi, kebudayaan, kesenian, dan pertahanan secara mendasar dan berkesinambungan.
 
 

 
 
Syaikhu optimistis, jika mantan rektor termuda di Universitas Paramadina itu terpilih menjadi presiden, maka Indonesia akan semakin disegani di kancah global karena kehadiran aktif dalam forum-forum internasional.
 
 

 
 
"Saya yakin ketika pak Anies terpilih menjadi Presiden Indonesia, maka dia akan tampil sebagai panglima diplomasi dalam setiap ajang bertaraf internasional, seperti yang pernah dicontohkan oleh para pendiri bangsa terdahulu," kata politisi PKS itu.
 
 

 
 
Lebih lanjut, dia meyakini, usai pelaksanaan debat ketiga tadi malam, masyarakat akan semakin jelas untuk memilih pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) saat hari pencoblosan Pilpres 2024 pada 14 Februari nanti.

 
 
 
 
"Dari jawaban pak Anies yang cerdas itu mudah-mudahan masyarakat menjadi semakin tercerahkan, dan menjatuhkan pilihannya kepada pasangan AMIN sebagai presiden dan wakil presiden RI," kata dia Syaikhu.
 
 

 
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum menyelenggarakan debat ketiga dengan tema meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
 
 

 
 
Tema debat ketiga pada Ahad (7/1) malam meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
 
 

 
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
 

 
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut satu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut tiga.
 
 
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024