Kapuas Hulu (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu,  Muhammad Yusuf mengatakan bahwa pihaknya menggencarkan sosialisasi terkait pemilihan umum melalui media sosial untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu  2024.

"Sosialisasi di media sosial cukup efektif dan efisien sehingga kita harapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu mendatang," kata Muhammad Yusuf, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Menurut Yusuf, pada pemilihan legislatif pada pemilu sebelumnya, partisipasi pemilih kurang lebih 84,74 persen dan pada pemilihan presiden dan wakil presiden sebesar 85,29 persen.

Menurutnya, untuk Pemilu 2024 ini, Kabupaten Kapuas Hulu memiliki
984 tempat pemungutan suara (TPS) dengan jumlah daftar pemilihan tetap sebanyak 193.984 jiwa, yang tersebar di 278 desa dan 4 kelurahan di 23 kecamatan wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Oleh karena itu, KPU Kapuas Hulu semakin gencar melakukan sosialisasi, baik melalui media sosial online, spanduk maupun melalui jaringan di kecamatan dan desa.

Yusuf berharap partisipasi masyarakat pemilihan pada Pemilu 2024 semakin meningkat dalam menyukseskan pesta demokrasi yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

"Dalam berbagai kegiatan sosialisasi tatap muka juga kerap kali kami lakukan, termasuk simulasi pemungutan suara dan rencananya pada Januari ini kami akan kembali melakukan simulasi itu," katanya.

Selain itu, Yusuf juga mengajak generasi muda pemilihan millenial untuk turut serta membantu dalam memberikan pemahaman kepada orang tua untuk dapat menggunakan hak pilih pada pemilu mendatang.

"Yang tidak kalah pentingnya lagi, kita harus sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, kami mohon dukungan semua pihak hingga lapisan masyarakat untuk mewujudkan pemilu aman, damai, sukses dan berkualitas," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024