Lhasa (ANTARA) - Standar subsidi pendidikan di Daerah Otonom Xizang, China barat daya, akan kembali dinaikkan tahun ini, demikian disebutkan dalam laporan fiskal yang dirilis pada Minggu (7/1).

Menurut laporan yang diajukan dalam sidang pleno kedua Kongres Rakyat Daerah Otonom Xizang ke-12 untuk dibahas, subsidi tahunan di bawah kebijakan "Tiga Jaminan" untuk pendidikan di Xizang itu, yang menyediakan makanan, akomodasi, dan biaya sekolah bagi siswa prasekolah hingga sekolah menengah atas yang berasal dari keluarga petani dan penggembala maupun keluarga miskin di perkotaan, akan dinaikkan sebesar 90 yuan atau sekitar 12,67 dolar AS menjadi 5.620 yuan per orang pada 2024,

Laporan yang dirilis oleh departemen keuangan daerah itu menyebutkan, sebanyak 746.000 siswa akan mendapat manfaat dari kenaikan dana subsidi tersebut.

Tahun ini, masih kata laporan itu, dana yang dialokasikan untuk sektor pendidikan akan ditingkatkan sebesar 8,4 persen menjadi 30,6 miliar yuan.

Sistem pendidikan 15 tahun yang didanai publik serta sistem dukungan keuangan siswa yang mencakup tingkat prasekolah hingga pendidikan tinggi telah diterapkan di wilayah itu.

Peningkatan dana subsidi pendidikan tersebut merupakan satu dari 21 rencana yang harus dilaksanakan guna meningkatkan penghidupan masyarakat sebagaimana tercantum dalam lampiran laporan kerja pemerintah daerah tersebut.

Isu-isu lainnya yang ada dalam daftar rencana tersebut mencakup subsidi layanan kesehatan yang lebih tinggi untuk penduduk perkotaan dan pedesaan, serta dukungan untuk proyek pasokan oksigen di area-area dataran tinggi.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024