Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka menjanjikan pemerataan pembangunan di Maluku jika dirinya bersama Prabowo Subianto terpilih pada Pilpres 2024.

"IKN simbol pemerataan pembangunan. Kami ingin nanti Maluku juga tersentuh. Pembukaan akses baru dan konektivitas penting karena Maluku ini kepulauan," kata Gibran dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin.

Putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu menyampaikan pernyataan tersebut saat menyerap aspirasi dan berdialog bersama puluhan raja se-Maluku di Kota Ambon, Senin.

Menurut dia, pembangunan dan pemerataan ekonomi tidak boleh hanya berlangsung di Pulau Jawa. Maka dari itu, dia menegaskan pentingnya pemerataan pembangunan di wilayah-wilayah lain di Indonesia, termasuk di Maluku.

Gibran mengatakan bahwa Maluku merupakan daerah yang memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang kaya, meliputi sektor seni budaya, sektor olahraga, hingga sektor bahari.

"Potensi itu harus mendapat perhatian agar manfaatnya bisa dirasakan masyarakat," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, para raja se-Maluku menyatakan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Ketua Latupati Jazirah Leihitu berharap Prabowo-Gibran bisa meneruskan program pembangunan pemerintahan sebelumnya.

"Alhamdulillah, hari ini Bung Gibran berkesempatan hadir bersama masyarakat Maluku. Semoga apa yang menjadi cita-cita Bung Gibran tercapai," kata Ketua Latupati.

Mewakili raja lain, Ketua Latupati berharap ke depan ada tokoh Maluku yang bisa duduk di kabinet sehingga kepentingan masyarakat Maluku bisa tersampaikan ke pemerintah pusat.

"Kami mohon raja-raja Maluku punya perwakilan. Misalnya, tokoh yang dianggap penting dan kompeten. Yang penting punya kapabilitas dan pendidikannya bagus," ujar dia.

Baca juga: TKN tetap kedepankan kampanye damai meski Prabowo diserang saat debat
Baca juga: TKN apresiasi Prabowo tak bongkar data pertahanan


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024