BMKG mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang antara 1,25 meter sampai 2,5 meter hingga tanggal 9 Januari 2024
Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar waspada tinggi gelombang 2,5 meter yang berpeluang terjadi di perairan Sulawesi Utara dan sekitarnya.
 
“BMKG mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang antara 1,25 meter sampai 2,5 meter hingga tanggal 9 Januari 2024,” kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung, Ricky D Aror, di Manado, Senin.
 
Dia menyebutkan pola angin dominan bergerak dari utara - timur dengan kecepatan berkisar antara enam hingga 20 knot.
 
Peringatan dini tinggi gelombang tersebut diperkirakan terjadi di perairan Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, serta Laut Maluku bagian utara.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi air laut di 26 wilayah perairan RI
 
Dia berharap warga mewaspadai risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Misalkan perahu nelayan, kata dia, perhatikan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.
 
Kapal tongkang, lanjutnya, perhatikan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.
 
Kapal Feri, menurut dia, perhatikan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.
 
"Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah area peringatan dini diharapkan mempertimbangkan kondisi tersebut," ucap Ricky.

Baca juga: Gelombang tinggi hingga 4 meter berpotensi terjadi di NTB hingga 10 Januari
 
 
 
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024