Jakarta (ANTARA) -
Persatuan nelayan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah mendeklarasikan dukungannya kepada calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
 
"Kami DPC Tani Merdeka Kabupaten Rembang, beserta segenap para nelayan, nelayan milenial, buruh nelayan, kelompok usaha nelayan, tengkulak, serta seluruh gabungan kelompok nelayan, satu komando mendukung dan memenangkan Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka pada pemilu 2024," kata Koordinator Tani Merdeka Sektor Nelayan Kabupaten Rembang A. Chamid dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Chamid mengatakan, tercatat ada 250 pemilik kapal dan 6.000 awak kapal nelayan di Kabupaten Rembang yang berkomitmen mendukung Prabowo-Gibran.
 
Dia menjelaskan saat ini para nelayan memiliki beberapa kendala dalam mencari nafkah. Salah satu kendalanya yakni rendahnya harga jual ikan di pasaran.
 
Di satu sisi, ongkos untuk melaut dari mulai biaya bahan bakar hingga keperluan yang lain tidak sebanding dengan harga jual ikan. Hal tersebut menurut dia yang sering membuat nelayan merugi.
 
Selain itu, para nelayan juga mengeluhkan tidak adanya dermaga yang layak untuk dipakai sebagai tempat bersandar kapal.
 
Dia yakin dengan visi-misi Prabowo-Gibran yang bertujuan menyejahterakan para nelayan di daerah. Karena itu dia berharap Prabowo-Gibran dapat memberikan solusi atas persoalan harga jual ikan rendah dan pengadaan dermaga yang layak itu.
 
"Sejak kakek buyut kami sudah menjadi nelayan. Kalau di pantai ini dibuatkan dermaga khusus nelayan, maka kami merasa sangat bersyukur sekali karena kami bisa aman dari musim ombak besar yang bisa merusakkan kapal,” ujarnya.

Chamid mengatakan untuk memastikan lancarnya pembangunan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Rembang, dirinya mendorong Ketua Dewan Pembina Tani Merdeka yang juga merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono untuk maju sebagai calon gubernur Jateng di Pilkada 2024.
 
Di saat yang sama, Ketua Umum DPP Tani Merdeka, Don Muzakir, menyambut baik deklarasi dukungan kepada Prabowo-Gibran yang dilakukan ribuan nelayan ini.
 
Dia memastikan seluruh aspirasi disampaikan ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sudaryono selaku pemimpin Partai Gerindra di Jawa Tengah.
 
”Saya akan menyampaikan aspirasi nelayan di sini langsung kepada Pak Prabowo, dan Mas Sudaryono selaku Ketua Dewan Pembina Tani Merdeka," kata Don Muzakir.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
 
Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Gibran komitmen dukung kemajuan talenta sepak bola Maluku
Baca juga: TKN apresiasi Prabowo tak bongkar data pertahanan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024