Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo berjanji menggratiskan biaya perizinan untuk kebutuhan syuting film.

"Maka, sebenarnya insentif umpama dari industri film adalah silakan Anda syuting di sini, saya kasih insentif gratis," kata Ganjar di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin (8/1).

Dengan diberikannya insentif tersebut, kata dia, pelaku industri film akan datang ke berbagai wilayah di Indonesia untuk dapat mengekspresikan talentanya.

"Pasti orang akan datang untuk bisa mengekspresikan apa yang menjadi talentanya," kata mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Sebelumnya, Ganjar menceritakan bahwa industri film tanah air sedang mengalami peningkatan. Akan tetapi, masih membutuhkan fasilitas seperti kemudahan perizinan.

Ganjar sempat marah karena mendapatkan laporan mengenai lamanya perizinan untuk syuting di Indonesia.

"Saya pernah sedikit agak marah. Enggak marah banget, tetapi agak marah ketika saya dapat laporan produser film ketika mau menggunakan satu area, satu izinnya lama. Yang kedua, kena palak, ya parkirnya, ya izin. Yang pokoknya izin yang kemudian sebenarnya tidak ada tarifnya, kemudian ya sudahlah kasih berapa aja. Marah betul," katanya.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar sempat tanya IP untuk jaket Top Gan sebelum dipakai saat debat
Baca juga: Ganjar janji RUU Perampasan Aset jadi prioritas pertama di prolegnas

 

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024