Masyarakat bisa menikmati manfaat PLTS dalam operasional irigasi tanaman, mengatasi tantangan yang sering dihadapi oleh petani
Jakarta (ANTARA) - Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang dibangun PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pada 2023 untuk menghidupkan pompa irigasi di Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, mendorong produktivitas pertanian.

Tercatat pada musim tanam ketiga ini, Desa Karang Raja mampu menghasilkan 5,5 ton beras dari September 2023 hingga Januari 2024 meskipun wilayah Muara Enim sedang dilanda kemarau pada masa tersebut.

Plt Camat Muara Enim, Husni Thamrin dalam keterangan diterima di Jakarta, Selasa, mengungkapkan manfaat PLTS irigasi yang telah beroperasi pada beberapa titik di Kabupaten Muara Enim.

"Air merupakan kebutuhan yang sangat krusial bagi petani. Kalau sudah ada PLTS, harapannya desa-desa lain dapat merasakan manfaatnya juga, sehingga bisa panen di saat yang bersamaan pula," ujar Husni.

Hingga penghujung tahun 2023, terangnya, Desa Karang Raja mampu melaksanakan musim tanam hingga tiga kali dengan total produksi sebanyak 14,9 ton beras berkat keberadaan PLTS irigasi.

Baca juga: PLTS irigasi milik PTBA sejahterakan petani di Lampung Tengah

Baca juga: PT Bukit Asam bangun PLTS ekspansi ke bisnis energi terbarukan


Selain didukung PLTS irigasi, menurut Husni, petani Desa Karang Raja juga tidak menggunakan pupuk kimia sehingga padi yang ditanam menghasilkan beras organik dengan kualitas tinggi.

AVP Sustainable Economic Social and Environment PT Bukit Asam Tbk, Mustafa Kamal mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah membangun beberapa PLTS irigasi lain di Muara Enim.

"Kami tidak akan berhenti membangun PLTS lainnya untuk mendukung prinsip-prinsip berkelanjutan, agar generasi di masa mendatang juga dapat menerima manfaatnya," kata Mustafa.

Dia menambahkan PLTS irigasi merupakan wujud komitmen Bukit Asam dalam mendukung pertanian yang berkelanjutan.

"Masyarakat bisa menikmati manfaat PLTS dalam operasional irigasi tanaman, mengatasi tantangan yang sering dihadapi oleh petani, terutama pada wilayah dengan sumber daya air yang terbatas”, ucapnya.

Selain di Desa Karang Raja, PTBA telah membangun PLTS irigasi di 5 titik lokasi lain yaitu Talawi Mudik (Sawahlunto, Sumatera Barat), Trimulyo (Pesawaran, Lampung).

Kemudian ada di Tanjung Raja (Muara Enim, Sumatera Selatan), Nanjungan (Lahat, Sumatera Selatan), dan Rejosari Mataram (Lampung Tengah, Lampung). Adapun total kapasitas terpasang 6 PLTS irigasi ini mencapai 192 kWp.

Baca juga: PTBA bangun 10 PLTS bantu atasi persoalan irigasi petani tahun 2022

Baca juga: Museum Batu Bara Bukit Asam jadi destinasi wisata baru di Muara Enim

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024