Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menargetkan sistem Digital ID atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) dapat selesai secepatnya.

“Itu sistemnya. Ya kita usahakan. Yang penting satu komitmen, kebersamaan, tidak ada ego sektoral, sama integrasi,” kata Menkominfo Budi Arie di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

Menkominfo menyampaikan setelah sistem selesai, Digital ID diperkirakan siap diimplementasikan pada September 2024.

“Digital ID tuh (target) sampai September 2024. (Ranah) Pak Tito kan (Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian),” jelasnya.

Budi Arie mengatakan integrasi aplikasi antarkementerian sudah dilakukan, termasuk persiapan arsitektur digital.

“Secara konsep sudah rapi. Tinggal bagaimana menyatukan semua kementerian/lembaga baik pusat maupun daerah,” jelas Budi Arie.

Sebelumnya dalam pengantarnya di Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta, Selasa, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Dalam Negeri dan Menkominfo untuk menyelesaikan sistem Digital ID paling lambat bulan Juni 2024.

“Mendagri, Menkominfo juga mempercepat pengembangan dan penerapan Digital ID paling lambat bulan 6 harus sudah selesai dan juga Menkominfo segera transformasi kebijakan goverment cloud untuk mempercepat peningkatan pelayanan digital kita dan semuanya nanti dikoordinir oleh Menko Marinves,” ujarnya.

Baca juga: Menkominfo nilai kolaborasi wujudkan ekosistem digital inklusif
Baca juga: MenPANRB-MenKominfo bahas percepatan pembangunan portal nasional


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga, Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024