BI bekerja sama dengan Dinas Pertanian pemerintah kota dalam meningkatkan pasokan pangan di Manado.
Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) akan terus meningkatkan pasokan pangan di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"BI bekerja sama dengan Dinas Pertanian pemerintah kota dalam meningkatkan pasokan pangan di Manado," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Andry Prasmuko, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan untuk menunjang hal itu, pada akhir tahun 2023, BI telah menyerahkan 2.000 bibit cabai rawit dalam polybag yang disalurkan pada masyarakat di Kecamatan Titiwungen Selatan melalui Kelompok Maporina (Masyarakat Petani dan Pertanian Organik) Sulut.

Dinas Pertanian Kota Manado juga akan berperan dalam penyaluran dan monitoring keberhasilan tumbuh kembang bibit cabai yang dibagikan.

Sebelum itu pada bulan yang sama, BI Sulut juga telah menyerahkan alsintan serta sarana produksi pada dua kelompok tani komoditas cabai di Manado yaitu Poktan Milenial dan Poktan Mitra Bersama.

Kelompok tani ini merupakan kelompok tani urban yang memanfaatkan adanya lahan-lahan tidak produktif milik perusahaan maupun instansi pemerintah yang sedang tidak digunakan.

Pola pertanian ini, tentunya sangat efektif dilaksanakan di Kotamadya Manado yang merupakan kota industri, dimana lahan pertanian sudah semakin sulit ditemukan.
Baca juga: BI: Biaya QRIS 0,3 persen tidak beratkan UMKM
Baca juga: BI tingkatkan digitalisasi memperkuat ekonomi Bolmong Raya

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024