Ini merupakan kerja sama yang positif dan hasilnya bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan inflasi daerah
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengelola lahan privat seluas 4.500 meter persegi sebagai pertanian kota (urban farming) guna mengendalikan inflasi daerah.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan lahan yang berlokasi di Jalan Cikini Nomor 73, Menteng, itu sudah ditanami beberapa komoditas, seperti cabai, pare, pakcoy, dan kangkung.

"Ini merupakan kerja sama yang positif dan hasilnya bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan inflasi daerah. Insya Allah dua atau tiga bulan ke depan kita sudah bisa  panen bersama," kata Dhany di Jakarta, Selasa.

Dhany menjelaskan pola kerja sama pemanfaatan lahan tersebut dilakukan dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta bersama kelompok tani sekitar, serta jajaran kelurahan dan kecamatan untuk mengoptimalkan lahan produktif melalui penanaman hidroponik.

Selain di daerah Cikini, Dhany juga meninjau pemanfaatan lahan pertanian kota lainnya, yakni di Jalan Matraman Dalam III, RT 14 RW 07, Kelurahan Pegangsaan, Menteng yang ditanami buah-buahan.

Dhany mengapresiasi pemanfaatan lahan untuk pertanian perkotaan di sebuah gang sempit. Di lahan tersebut terdapat lahan seluas 162 meter persegi yang ditanami golden melon, melon hijau, anggur, dan pisang, serta kolam budidaya ikan nila, dan lele.

Bersama jajaran Pemkot Jakarta Pusat, Dhany ikut memanen 25 buah melon yang sudah matang.

"Lahan aset Pemda ini dimanfaatkan jajaran Kelurahan Pegangsaan melalui PKK dan PPSU untuk budidaya tanaman buah-buahan. Alhamdulillah kita panen 25 melon yang sudah matang," katanya.

Menurut Dhany, salah satu manfaat pertanian kota adalah keluarga bisa menikmati hasil panen walau dengan lahan terbatas. Hal itu juga sejalan dengan arahan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tentang pengembangan urban farming di setiap kelurahan.
Baca juga: HIPMI Jaya buka peluang kalangan muda tekuni pertanian
Baca juga: Bioteknologi kunci teknologi pertanian hadapi cuaca buruk
Baca juga: Sudin KPKP Jakarta Pusat menambah 50 pertanian perkotaan pada 2023

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024