Cilacap (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berbicara pentingnya kreativitas anak muda yang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Hal itu disampaikan Ganjar saat nongkrong bareng dengan kalangan Gen Z dan milenial di sela kampanye yang dilakukannya di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa.

Untuk itu, dia menegaskan komitmennya untuk menghadirkan creative hub.

“Maka yang dilakukan fasilitasi, kumpul lah kalian, sinergi lah kalian, fasilitas dengan creative hub anda kumpul di situ, kembangkan bakatmu,” ujar Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga berdialog dengan seorang pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Tengah. Ganjar menilai anak tersebut akan mempunyai keunggulan dibanding pelajar lainnya, sehingga ketika lulus nanti sudah siap langsung bekerja.

“Maka itulah, kalo sekolah langsung kerja anak-anak SMK ini bisa meyakinkan dirinya, rasa-rasanya dia akan jauh lebih cepat dibanding model pembelajaran yang lain," katanya.

"Jadi ketika kita bicara mendapatkan kesempatan akses pendidikan ternyata anak-anak ini mendapat ruang terbuka untuk mengembangkan potensinya,” sambung dia.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun berbicara mengenai bonus demografi, dan anak muda mempunyai peran untuk mewujudkan hal tersebut.

Ia pun berkali-kali Ganjar mengajak anak muda untuk dapat terlibat aktif menyukseskan bonus demografi, melalui aktif terlibat di dalam dunia politik.

“Terkait bonus demografi dan peran anak muda, saya kira juga anak muda untuk kita ajak terlibat dalam proses demokrasi politik agar kemudian mereka bisa menunjukkan semua bakatnya,” ujar Ganjar.

“Tapi konsekuensinya kita harus betul-betul melibatkan dalam satu tim dan memberikan tugas kepada mereka mengeksekusi pada pekerjaan rumah subsektor, sehingga terjadi produk,” ujarnya.

Baca juga: Soal tiket pesawat murah, Ganjar: Ekosistem pariwisata mesti dibangun
Baca juga: Ganjar janji gratiskan biaya perizinan syuting film


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024