Jenewa (ANTARA) - Federasi sepak bola internasional (FIFA) dan Presiden FIFA Gianni Infantino mengeluarkan pernyataan berduka atas meninggalnya legenda Jerman Franz Beckenbauer beberapa jam setelah berita tersebut dirilis pada Senin.

FIFA mengatakan Beckenbauer, yang wafat di usia 78 tahun pada Minggu (7/1), "secara luas dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat dalam sejarah".

"'Der Kaiser' yang dianggap memelopori peran libero, menginspirasi Jerman Barat meraih kejayaan Piala Eropa UEFA 1972 dan Piala Dunia FIFA 1974," kata FIFA.

Infantino menuturkan bahwa "Seorang legenda sepak bola Jerman dan dunia, Franz Beckenbauer memiliki segudang prestasi dan kemenangan yang terukir dalam sejarah, namun, terlepas dari semua popularitasnya, 'Der Kaiser' selalu tetap rendah hati dan bersahaja."

"Dia akan selalu dikenang oleh para pendukung sepak bola di seluruh dunia, terutama oleh para penggemar tim nasional Jerman dan FC Bayern Munich, yang bersama mereka dia meraih begitu banyak kesuksesan," tambahnya.

Infantino mendeskripsikan Beckenbauer sebagai "orang yang sangat hebat, sahabat sepak bola, seorang juara dan legenda sejati", seraya menambahkan "Sosok Franz tersayang tidak akan pernah dilupakan. Saya menyampaikan belasungkawa terdalam kepada para keluarganya, teman-temannya, dan Asosiasi Sepak Bola Jerman."
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024