Kuta, Bali (ANTARA) - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka menyerap aspirasi perwakilan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan usaha rintisan, seniman hingga pegiat media sosial (influencer) selama menjalani kampanye di Bali.

"Kami ingin ada pertumbuhan ekonomi baru," kata Gibran saat melakukan diskusi di salah satu pusat perbelanjaan di Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

Sejumlah aspirasi disampaikan di antaranya persoalan konektivitas dan pemerataan ekonomi di Bali Utara, pemasaran produk UMKM, hingga wacana pembangunan bandara di Kabupaten Buleleng.

Terkait wacana pembangunan bandara di Buleleng, Bali Utara, Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju itu mengungkapkan perlu melakukan kajian sekaligus menampung masukan dari para tokoh daerah setempat.

"Kami lihat masukan-masukan dari para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama di Bali Utara, nanti pasti harus ada kajian ilmiahnya," ucap Wali Kota Solo itu.

Selain soal bandara di Bali Utara, persoalan warga negara asing (WNA) bermasalah hingga pajak hiburan naik menjadi 40 persen juga disampaikan para pelaku UMKM, termasuk seniman, khususnya pelaku hiburan disjoki (DJ).

Dalam sesi dengar aspirasi sembari menikmati matahari terbenam di Pantai Kuta itu, sejumlah pelaku UMKM hadir di antaranya dari bidang kosmetika yakni Maharani Kemala, pelaku UMKM kerajinan ramah lingkungan dari Buleleng, disjoki Dimas Akira dan Sheila Marcia.

Sementara itu, terkait peluang pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 14 Februari 2024 di Provinsi Bali, ia mengaku optimistis meraup suara.

"Mohon doanya biar bisa mendapatkan angka yang terbaik. Nanti biar warga yang menilai," ucapnya sebelum melakukan diskusi.

Diskusi yang menjadi bagian dari kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran di kawasan wisata itu, Gibran didampingi sang istri Selvi Ananda.

Selain itu, di antaranya juga dihadiri Juru Bicara Gibran, Emil Dardak dan Arumi Bachsin, dan putra Calon Presiden Prabowo Subianto yakni Didit Hediprasetyo Prabowo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024