Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional menembak spesialis senapan (rifle) Ebrahim Inanlou berharap Indonesia bisa meraih tiket Olimpiade Paris 2024 dari nomor permainan rifle pada Asian Rifle/Pistol Championship 2024.

Pasalnya, menurut dia, terdapat banyak atlet menembak Indonesia yang menunjukkan performa sangat baik dari nomor pertandingan tersebut.

"Kami akan coba sebaik mungkin. Di rifle, kami punya sekitar dua sampai tiga atlet yang sangat baik, bahkan mungkin empat atlet," kata pria yang akrab disapa Ali tersebut saat ditemui dalam perhelatan Asian Rifle/Pistol Championship 2024 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Selasa.

Meski begitu, dirinya mengaku akan tetap mendorong para atlet tanah air untuk tidak gegabah lantaran olahraga menembak merupakan salah satu cabang olahraga yang tidak bisa diprediksi. Apalagi, hampir seluruh negara di Asia cukup baik dalam olahraga menembak, seperti Kazakshtan, Jepang, Korea, Iran, India, hingga China.

Belum lagi, lanjut Ali, peraturan dan kuota Olimpiade tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Namun berbagai kondisi tersebut tak menjadi penghalang bagi Indonesia untuk merebut tiket ke ajang pertandingan bergengsi yang menampilkan cabang olahraga terbanyak tersebut.

"Di Olimpiade sebelumnya, Indonesia mendapatkan satu kuota. Tetapi itu berbeda, sekarang lebih susah dari sebelumnya dan kami akan mencoba memberikan yang terbaik," ucap dia.

Baca juga: Aisyah/Sulthanul sabet perak di Asian Rifle/Pistol Championship

Dari perhelatan Asian Rifle/Pistol Championship 2024 yang berlangsung hingga 18 Januari, terdapat delapan nomor pertandingan yang masing-masing memiliki dua kuota untuk Olimpiade Paris 2024.

Kedelapan nomor permainan tersebut yakni 10 meter (m) Air Rifle Men, 10m Air Pistol Men, 50m Rifle 3 Positions Men, Rapid Fire Pistol Men, 10m Air Rifle Women, 10m Air Pistol Women, 50m Rifle 3 Positions Women, serta 25m Pistol Women.

Sejauh ini, telah terdapat dua nomor pertandingan yang mengirimkan wakil dari Asia untuk cabang olahraga menembak ke Olimpiade Musim Panas 2024, yaitu 10m Air Pistol Women dan 10m Air Pistol Men.

Dari nomor 10m Air Pistol Women, tiket Olimpiade direbut oleh Esha Singh dari India yang meraih medali emas dan Kishmala Talat dari Pakistan yang meraih medali perak.

Sementara untuk nomor 10m Air Pistol Men, tiket Olimpiade Paris direbut oleh dua perwakilan India yakni Varun Tomar yang meraih medali emas dan Arjun Singh Cheema yang meraih medali perak.

Baca juga: Aisyah Qalbi optimistis raih juara di Asian Rifle/Pistol Championship

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024