Xichang (ANTARA) - China mengirimkan satelit astronomi baru ke luar angkasa pada Selasa untuk mengamati fenomena sementara misterius di alam semesta yang sebanding dengan kerlap-kerlip kembang api. Peluncuran satelit itu bertujuan mengungkap aspek-aspek kosmos yang penuh kekerasan dan kurang diketahui.

Satelit yang diberi nama Einstein Probe (EP) ini menggunakan teknologi pendeteksi sinar-X baru yang terinspirasi oleh mata lobster.

EP diluncurkan menggunakan roket pengangkut Long March-2C dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Provinsi Sichuan, China barat daya, pada pukul 15.03 Waktu Beijing atau 14.03 WIB dan peluncuran ini merupakan misi ke-506 untuk roket pengangkut seri Long March tersebut.

Dengan berat sekitar 1,45 ton dan sebesar SUV ukuran penuh, satelit ini berbentuk seperti bunga teratai yang sedang mekar penuh dan memiliki 12 kelopak bunga serta dua benang sari.

“Ini adalah satelit terindah yang pernah saya lihat,” kata Yuan Weimin, peneliti utama misi EP dan peneliti di National Astronomical Observatories of the Chinese Academy of Sciences (CAS).

Ke-12 "kelopak" tersebut sebenarnya adalah 12 modul yang terdiri dari teleskop sinar-X medan lebar (WXT), sedangkan dua "benang sari" terdiri dari dua modul teleskop sinar-X lanjutan (FXT).

Teleskop-teleskop ini membentuk observatorium luar angkasa yang bertujuan membantu para ilmuwan menangkap cahaya pertama yang berasal dari ledakan supernova, mencari dan menentukan dengan tepat sinyal sinar-X yang menyertai peristiwa gelombang gravitasi, dan menemukan lubang hitam yang tidak aktif serta benda-benda langit samar lainnya yang bersifat sementara dan bervariasi di kejauhan jangkauan alam semesta.

“Karena lubang hitam dan gelombang gravitasi merupakan prediksi yang dibuat oleh teori relativitas umum Einstein, satelit ini dinamai menurut nama ilmuwan besar tersebut,” kata Yuan.

Para ilmuwan meniru struktur khusus mata lobster dalam mengembangkan WXT, yang secara bersamaan dapat mencapai observasi lapangan luas dan pencitraan terfokus sinar-X.

WXT dapat mengawasi seperduabelas seluruh langit dalam sekali pandang, menurut Ling Zhixing, seorang ilmuwan instrumen WXT.

FXT yang dikembangkan tim internasional yang dipimpin oleh ilmuwan China ini memiliki sensitivitas tinggi dan tidak hanya cocok untuk observasi tindak lanjut yang cepat, namun juga mampu secara mandiri menemukan sumber ledakan dan sementara, kata Chen Yong, peneliti di Institut Energi Tinggi Fisika CAS, yang bertanggung jawab atas pengembangan FXT.

Ketika teleskop mata lobster menerima sinyal sinar-X dari sumber sementara, komputer di dalamnya akan memproses data secara real-time dan memutar pesawat ruang angkasa untuk menargetkan benda angkasa dengan FXT.

Selanjutnya FXT akan melakukan observasi tindak lanjut dengan presisi tinggi. Kedua teleskop tersebut akan saling melengkapi dan bekerja sama, kata Zhang Chen, asisten peneliti utama misi EP.

Tim juga mengembangkan sensor CMOS untuk observasi sinar-X di luar angkasa yang merupakan detektor astronomi sinar-X yang inovatif, kata Zhang
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024