Jakarta (ANTARA/JACX) – Calon wakil presiden nomor urut tiga yang juga menjabat sebagai Menkopolhukam Mahfud Md dinarasikan dalam sebuah unggahan Facebook dicopot atau direshuffle oleh Presiden Jokowi karena terlalu sering kampanye.

Thumbnail dalam video tersebut juga memperlihatkan Presiden Jokowi seperti sedang memimpin rapat dan Mahfud Md berdiri di depannya.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Po1itik Terk1ni - M4hfud Di Reshuffle-,Begini Tanggapan Jkw”

Namun, benarkah Menkopolhukam direshuffle akibat terlalu sering kampanye?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Mahfud Md di reshuffle dari kabinet Indonesia Maju. Faktanya, isi video tidak sesuai dengen narasi judul. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, thumbnail dalam video tersebut serupa dengan unggahan VOA Indonesia yang berjudul “Pemerintah Anggarkan 15 Triliun Untuk Mitigasi Bencana Tahun 2019”. Foto tersebut diberi keterangan Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara Jakarta, Senin (7/1). Sedangkan, foto Mahfud Md di depan Jokowi merupakan editan.

Selain itu, narator hanya membacakan unggahan CNN yang berjudul “Mahfud Sindir Pejabat Negara Kampanye di Hari Kerja”. Dalam laman tersebut, Mahfud menyindir para pejabat, termasuk menteri yang kerap keliling daerah untuk melakukan kampanye di hari kerja.

Namun, tidak terdapat narasi bahwa Mahfud Md direshuffle oleh Presiden Jokowi. Hingga saat ini, diketahui Mahfud Md masih menjabat sebagai Menkopolhukam Kabinet Indonesia Maju.

Klaim: Mahfud Md dicopot karena sering kampanye pada awal Januari

Rating: Hoaks

Cek fakta: Cek Fakta, Mahfud MD sebut belum ada investor yang masuk IKN

Cek fakta: Hoaks! Balon udara Ganjar-Mahfud hiasi monas pada 14 November

Baca juga: Mahfud: Buang kebencian dari hati agar tidak jadi korban hoaks

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024