SPAM Regional Jatiluhur I untuk melayani Jakarta bagian timur sebesar 4.000 liter/detik
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I di Jawa Barat pada September 2024.

"SPAM Regional Jatiluhur I untuk melayani Jakarta bagian timur sebesar 4.000 liter/detik dan ditargetkan selesai pada September tahun ini," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam seminar nasional di Jakarta, Rabu.

Menurut Bob, pembangunan SPAM Regional Jatiluhur I merupakan bagian dari program Kementerian PUPR untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang terjadi pesisir pantai utara Jawa khususnya pantai utara Jakarta.

"Kementerian PUPR telah memprogramkan dan melaksanakan beberapa program untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk penyediaan air bersih dari air permukaan atau perpipaan dilaksanakan melalui pembangunan SPAM Regional Karian - Serpong," katanya.

Pasokan air untuk SPAM ini, lanjut Bob, berasal dari pembangunan Bendungan Karian di Banten yang telah selesai pada tahun 2024 dan dengan kapasitas tampung 315 juta m3 yang dapat memasok air baku, khususnya untuk kebutuhan air baku bagi Jakarta bagian barat.

Berbicara mengenai permasalahan pesisir pantai Utara Jawa khususnya pantai Utara Jakarta, bukan hanya sekedar menangani permasalahan banjir rob yang terjadi. Namun masalah yang kita hadapi sebetulnya adalah masalah lingkungan.

"Untuk mengatasi permasalahan lingkungan maka kita perlu melaksanakan pemulihan lingkungan atau enviromental remediation. terdapat tiga hal yang harus kita lakukan dalam upaya pemulihan lingkungan. Pertama adalah penyediaan air bersih melalui air permukaan. Kedua yakni sanitasi untuk menangani kualitas air dan limbah. Ketiga, pengendalian banjir baik di hulu maupun banjir rob yang berasal dari laut," kata Bob.

Sebagai informasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I.

SPAM ini memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur di Provinsi Jawa Barat yang disalurkan melalui Saluran Tarum Barat.

SPAM Regional Jatiluhur I terdiri dari sistem hulu dan sistem hilir. Sistem hulu dilaksanakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan lingkup kegiatannya meliputi pembangunan intake, pipa transmisi, instalasi pengolahan air (IPA), dan jaringan distribusi utama hingga titik serah (offtake).

SPAM ini memiliki dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berlokasi di Cibeet dan Bekasi Jawa Barat.


Baca juga: Kementerian PUPR: SPAM Semarang Barat layani air minum 350 ribu orang
Baca juga: PUPR: SPAM Kali Dendeng tingkatkan layanan air minum di Kota Kupang
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan SPAM kali Dendeng di Kota Kupang

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024