Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan menyampaikan bahwa program pemagangan merupakan upaya yang paling tepat dan cepat untuk menyiapkan tenaga kerja kompeten yang sesuai dengan kebutuhan industri.

"Melalui program pemagangan, para peserta magang akan mendapatkan technical skills, budaya kerja, komunikasi yang baik dan efektif, etika bekerja dalam tim sehingga menambah kepercayaan diri dan siap untuk terjun di dunia kerja," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kemnaker gandeng perusahaan Jepang kembangkan program pemagangan

Ia menambahkan bahwa pemagangan juga mempunyai arti penting dalam dunia kerja, karena mampu memberikan peluang bagi masyarakat dari segala usia, khususnya kaum muda agar dapat memperoleh keahlian secara terus-menerus dalam konteks transformasi yang cepat.

Pada peluncuran Onboarding Nasional Peserta JKN Apprenticeship Program, di Kota Makassar Sulawesi Selatan, ia mengatakan salah satu indikator keberhasilan program pemagangan adalah seberapa besar keberterimaan lulusan pemagangan terhadap industri khususnya perusahaan yang mengadakan pemagangan.

Baca juga: Indonesia jajaki kerja sama pemagangan dengan Amerika Serikat

"Semakin tinggi serapan lulusan pemagangan ke industri, maka program pemagangan semakin bagus," tuturnya.

Anwar mengatakan melalui peluncuran Onboarding Nasional Peserta JKN Apprenticeship Program diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif guna mendukung terciptanya SDM yang andal, unggul, dan terpercaya di Indonesia.

Baca juga: Kemnaker berkomitmen memperluas kesempatan magang ke luar negeri

"Penyelenggaraan program pemagangan diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja dan angkatan kerja yang cerdas, terampil, adaptif, kreatif, dan inovatif," katanya.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024