"Supply-nya banyak, harganya turun. Maka saya katakan bagaimana cara menjualnya,"
Brebes (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa pasar induk bawang dibutuhkan untuk menjual bawang merah menjelang musim panen raya.

Hal itu disampaikan Ganjar usai bertemu dengan para petani bawang merah dan kelompok tani di Desa Kertabesuki, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu.

"Supply-nya banyak, harganya turun. Maka saya katakan bagaimana cara menjualnya," ujar Ganjar.

Menurutnya, pasokan bawang merah yang melimpah saat musim panen akan berdampak pada pendapatan petani. Sebab, harga jual bawang merah justru akan rendah.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar pasar induk bawang merah difungsikan kembali guna menjaga stabilitas harga komoditas itu.

"Makanya saya tadi, 'Pak, bentuk pasar induk' saya kira pasar induk yang mesti dihidupkan dan peran pemerintah lagi-lagi ditunggu untuk menghidupkan itu. Saya kira cukup pemda sebenarnya," katanya.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024