Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan Rumah Sakit (RS) Citra Arafiq di Kota Serang, Provinsi Banten, Rabu.

RS Citra Arafiq Serang merupakan salah satu rumah sakit yang diresmikan pada awal 2024 ini. Keberadaan RS tersebut menambah jumlah yang sebelumnya 13 rumah sakit menjadi 14 rumah sakit yang ada di Kota Serang.

"Kehadiran Rumah Sakit Citra Arafiq Serang diharapkan dapat mengurangi beban rumah sakit lain dalam membantu kebutuhan layanan rujukan, karena rumah ini juga bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," kata Menko Airlangga dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

RS seluas 9.500 m² itu merupakan RS umum tipe C atau fasilitas kesehatan (faskes) tingkat dua yang berkapasitas 162 tempat tidur dengan program unggulan pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak.

Menko Airlangga menegaskan bahwa kesehatan, pendidikan, dan ketersediaan pangan, merupakan langkah langkah untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Banten sebagai lumbung pangan tentunya akan selalu kami jaga. Ayo kita fight stunting, fight untuk Indonesia, dan juga fight untuk biaya kesehatan terjangkau. Termasuk dengan pembukaan cabang RS Citra Arafiq ke-4 ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Menko Airlangga mengatakan, pembukaan rumah sakit baru tidak hanya menjadi tambahan dukungan untuk fasilitas kesehatan yang sudah ada, namun juga memberikan kesempatan kerja yang lebih luas untuk masyarakat di sekitarnya.

Hal itu juga akan dapat memberikan efek ganda (multiplier effect) yakni di antaranya penurunan tingkat pengangguran dan pergerakan sektor UMKM di sekitar rumah sakit, yang tentunya akan mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Serang.

“Pembukaan rumah sakit juga menjadi wujud nyata kepedulian untuk meningkatkan akses terhadap fasilitas kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat sekitar, dan dapat memberi manfaat untuk kehidupan masyarakat yang lebih sehat dan bersih,” jelasnya.

Baca juga: Airlangga: Banjir Jakarta dapat ciptakan kerugian hingga Rp10 triliun
Baca juga: Pemerintah sebut BLT El Nino akan diperpanjang hingga kuartal II 2024
Baca juga: Airlangga sebut 190 PSN telah rampung sepanjang 2023

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024