Nanti kalau sudah mulai kampanye terbuka, tolong tertib lalu lintas. Sehingga kita tak akan mengganggu lalu lintas dan semuanya bisa akan senang
Brebes (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengingatkan para pendukungnya di Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah, untuk mematuhi peraturan lalu lintas saat hendak berkampanye untuk dirinya.

"Nanti kalau sudah mulai kampanye terbuka, tolong tertib lalu lintas. Sehingga kita tak akan mengganggu lalu lintas dan semuanya bisa akan senang," ujar Ganjar usai bertemu nelayan di Desa Kaliwlingi Rabu.

Ia meminta para pendukungnya harus tertib agar tidak mengganggu lalu lintas dan tidak ada yang dirugikan dengan kegiatan kampanye.

Selain itu, mantan gubernur Jawa Tengah itu juga berpesan kepada pendukungnya untuk menjaga kerukunan. Salah satunya dengan tidak menyebarkan pesan negatif di media sosial.

"Karena menjelang pemilu, maka saya harapkan kerukunannya antarwarga dijaga, nggih, yang suka bermedos-medsosan tolong kalimatnya yang baik ya," harapnya.

Baca juga: Ganjar sebut pasar induk bawang dibutuhkan jelang musim panen

Baca juga: Ganjar minta TPN cek masalah sistem irigasi di Brebes


Dalam kesempatan ini, Ganjar sempat berdialog dengan nelayan untuk mendengarkan keluhan mereka, antara lain soal mahalnya bahan bakar minyak hingga penyediaan sarana dan prasarana.

Mantan gubernur Jawa Tengah ini juga mengungkap rencananya memutihkan kredit para nelayan bila terpilih sebagai presiden kelak.

"Inilah cara-cara kita agar nelayan kita kelak kemudian akan jauh lebih baik, infrastrukturnya akan lebih baik, teknologinya lebih baik sehingga hasilnya jauh lebih baik," ucap Ganjar.

Adapun masalah ketertiban lalu lintas pada masa kampanye menjadi soal setelah peristiwa pengeroyokan relawan Ganjar oleh sejumlah anggota TNI di Boyolali pada 30 Desember 2023.

Baca juga: Ganjar sempat berharap Jokowi hadir pada HUT PDI Perjuangan

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024