Salam metal (tiga jari) tersebut murni salam keakraban, menghargai HUT PDIP. Salam tersebut sudah lama dipakai PDIP
Jakarta (ANTARA) - Juru bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi menegaskan Wakil Presiden Ma'ruf Amin konsisten mengambil posisi netral dalam kontestasi Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Masduki terkait salam tiga jari yang dilakukan Wapres Ma'ruf saat menghadiri acara HUT Ke-51 PDI Perjuangan di Jakarta, Rabu.

"Wapres KH Ma’ruf Amin, konsisten mengambil posisi netral dalam kontestasi Pilpres 2024, seperti sering disampaikan dalam berbagai kesempatan. Netralitas itulah yang menjadi salah satu alasan Wapres hadir dalam acara HUT PDIP, juga HUT parpol yang lain," kata Masduki dalam keterangan di Jakarta.

Masduki menekankan terkait salam metal tiga jari yang ditunjukkan Wapres pada saat menghadiri HUT PDI Perjuangan, seharusnya tidak dipersepsikan Wapres mendukung pasangan capres-cawapres tertentu dalam kontestasi Pilpres saat ini.

Baca juga: Ma'ruf Amin: Siapa pun pemenang pemilu harus didukung dan dihormati

Baca juga: Megawati beri potongan pertama tumpeng HUT PDIP untuk Ma'ruf Amin


"Salam metal (tiga jari) tersebut murni salam keakraban, menghargai HUT PDIP. Salam tersebut sudah lama dipakai PDIP. Metal menunjukkan akronim merah total, sebagai warna bendera partai," kata Masduki.

Sebelumnya Wapres saat menghadiri HUT Ke-51 PDI Perjuangan menunjukkan salam tiga jari dalam sesi foto di penghujung acara, bersama-sama dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan jajaran pengurus.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024