Brebes (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo disambut para nelayan di Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah, Rabu.

Mereka bahkan rela menunggu Ganjar hingga berjam-jam. Saat melihat mobil rombongan Ganjar, para warga dan nelayan berlarian merangsek untuk berebut salaman.

Ganjar kemudian membuka kaca jendela mobilnya, lalu membalas sapaan dan ajakan salaman itu. Setibanya di lokasi, Ganjar langsung menghampiri nelayan yang sedang memperbaiki jala di atas kapalnya dan mendengar keluhan mereka.

Setelah itu, Ganjar naik ke atas panggung dan menyapa ribuan nelayan yang sudah menunggunya. "Tadi ada yang mengeluhkan soal kepastian solar dan tangkapan ikannya tidak sebanding dengan modalnya," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, keluhan dari para nelayan harus segera direspons pemerintah agar nelayan bisa sejahtera.

"Kita terus memberi perhatian kepada nelayan. Apa yang menjadi keluhan harus diatasi. Kemudahan mendapatkan solar, tangkapan, sampai bagaimana sistem jualnya agar mereka tidak rugi," ujarnya.

Perhatian Ganjar terhadap nelayan bukan hanya wacana belaka. Beberapa waktu lalu, capres yang berpasangan dengan Mahfud Md itu meluncurkan program pemutihan utang bagi nelayan.

"Sekitar Rp190-an miliar kalau tidak salah, (bisa) lebih kecil lagi. Karena jumlah nelayan sekitar 2,2 juta orang. Jumlah itu relatif lebih kecil dibanding KUR petani yang mencapai Rp600 miliar," pungkas Ganjar.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024