Brebes (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berjanji akan memperjuangkan kesejahteraan para nelayan.

Hal itu disampaikan Ganjar saat bertemu para nelayan yang ada di Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah, Rabu. Awalnya, Ganjar berdialog dengan beberapa nelayan di atas sebuah kapal.

Ia pun menerima keluhan terkait sulitnya mendapatkan solar hingga ongkos biaya saat melaut lebih mahal dibanding dengan pendapatannya.

"Ada tadi bagaimana ada kepastian solar, terus kemudian hasil tangkapan-nya tidak terlalu sebanding. Karena kira-kira modalnya butuh one day fishing 12 jam, dia melaut itu modalnya Rp1 juta paling dapatnya sekitar hanya Rp1,1 juta," kata Ganjar.

Ganjar menyatakan dirinya bersama dengan calon wakil presiden Mahfud Md sudah mempunyai komitmen untuk menyejahterakan kelompok nelayan.

Oleh karena itu, Ganjar berkomitmen menghadirkan langkah konkret untuk keadilan bagi para nelayan. Mulai dari memberikan beragam model bantuan guna meringankan beban mereka saat melaut guna mencari ikan.

"Maka ini sebenarnya cara-cara kita dorong umpama penyediaan es, terus kemudian model pelelangan agar mereka bisa mendapatkan bantuan," ucapnya.

Menurutnya, bantuan tersebut merupakan hasil dari dirinya menyerap aspirasi dari para nelayan saat berkeliling ke sejumlah wilayah di Indonesia. "Itu yang mereka harapan agar hasilnya lebih baik," pungkas Ganjar.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024