Kabul (ANTARA) - "Kangana" merupakan cara tradisional masyarakat Afghanistan untuk menjaga kesegaran buah anggur. Wadah kedap udara yang terbuat dari lumpur, yang disebut "Kangana", dapat menjaga kesegaran buah anggur selama berbulan-bulan.

Di Afghanistan, musim buah anggur dimulai dari Juni dan berlangsung hingga September. Menyimpan anggur di dalam "Kangana" pada akhir September atau awal Oktober dapat menjaga kesegaran buah tersebut hingga Mei tahun berikutnya.

Bagaimana cara tradisional masyarakat Afghanistan menyimpan buah anggur agar tetap segar selama berbulan-bulan? berikut ini sekilas gambarannya.
 
Seorang pria memegang buah anggur yang masih segar setelah lama disimpan dengan cara tradisional di dalam "Kangana" di Kabul, Afghanistan, pada 8 Januari 2024. (Xinhua/Saifurahman Safi)
 
Seorang pedagang menjajakan buah anggur yang disimpan dengan cara tradisional di dalam "Kangana" di Kabul, Afghanistan, Foto yang diabadikan pada 8 Januari 2024. (Xinhua/Saifurahman Safi)
 
Foto yang diabadikan pada 8 Januari 2024 ini memperlihatkan buah anggur yang masih disimpan disimpan dengan cara tradisional dalam "Kangana" dijajakan di pinggiran sebuah jalan di Kabul, Afghanistan. (Xinhua/Saifurahman Safi)
 
Foto yang diabadikan pada 8 Januari 2024 ini memperlihatkan buah anggur yang masih tetap segar setelah lama disimpan dengan cara tradisional di dalam "Kangana" di Kabul, Afghanistan. (Xinhua/Saifurahman Safi)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024