Ambon (ANTARA) - Kunjungan wisatawan ke objek wisata Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku meningkat menjadi 126 ribu orang di tahun 2023.

"Jumlah kunjungan wisatawan mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022 sebanyak 124 ribu orang. Peningkatan ini karena upaya promosi serta berbagai penghargaan yang diraih ditingkat nasional maupun Asean, " kata Ketua Pengelola Desa Wisata Ngilngof, Ronald Tethool, Kamis.

Ia menjelaskan, pengunjung terbanyak wisatawan lokal mencapai 60 persen, dan wisatawan dari luar Maluku serta mancanegara yang didominasi wisatawan Belanda, Australia, dan Italia.

Wisatawan lokal maupun mancanegara menyempatkan waktu mengunjungi pantai Ngurbloat yang dikenal sebagai Pantai Pasir Putih terhalus di Indonesia, Asia bahkan di Dunia.

Wisatawan menghabiskan waktu libur menikmati keindahan alam, juga memilih untuk menginap di cottage yang tersedia di kawasan pantai Ngurbloat.

Penginapan di Desa Wisata Ngilngof mayoritas berupa cottage dengan jumlah 46 kamar yang lokasi wisata pantai Ngurbloat dan 26 lainnya berada di area permukiman warga.

Di kawasan wisata Pantai Ngurbloat terdapat 46 kamar yang terdiri atas kamar dengan fasilitas non AC dan kamar yang AC.

Pantai Ngurbloat terkenal dengan pasirnya yang halus dan terhampar memanjang, serta keindahan fenomena matahari terbenam di ufuk timur.

Sajian kuliner yang bisa dinikmati pengunjung antara lain pisang goreng yang dilapisi tepung embal, keladi goreng, singkong goreng, dan sukun goreng, serta olahan masakan siput, dan masakan sayuran lokal.

Lokasinya yang dekat dengan Ibu Kota Kabupaten Malra hanya membutuhkan waktu tempuh 15 menit menggunakan kendaraan roda dua, dan karcis yang sangat terjangkau membuat banyak warga mengunjungi lokasi tersebut.

Selain Ngurbloat, objek wisata yang terdapat di Malra antara lain Goa Hawang di desa Letvuan, pemandian air tawar di desa Evu, Pantai Ohoililir dan Resort Ohoililir, dan Pantai Oheidertavun.


Baca juga: Menikmati pesona Desa Sejahtera Astra Wisata Negeri Hila di Maluku

Baca juga: Menjelajah wisata murah di Pantai Moki Maluku Tengah

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024