Kita patut bersyukur karena BUMN kita yaitu PT PP dan PT Adhi Karya berhasil mendapatkan dua kontrak kerja sama melalui lelang senilai Rp8,5 triliun
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia mampu bersaing di kancah global jika dikelola dengan baik dan transparan.

Pernyataan itu Jokowi sampaikan ketika mengakhiri kunjungan resminya di Filipina pada Kamis, di mana ia bertemu dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr serta beberapa menteri Filipina.

“Saya yakin BUMN Indonesia, baik di sektor karya maupun pertahanan jika dikelola dengan baik, jika dikelola dengan manajemen transparan akan mampu bersaing di kancah internasional, di kancah global,” kata Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden RI.

Dalam pertemuan dengan Menteri Transportasi Filipina Jaime Bautista, Presiden Jokowi membahas tentang Joint Venture Kontrak PT PP dan PT Adhi Karya untuk North-South Commuter Railway Project di Filipina.

Presiden berharap kerja sama tersebut dapat segera ditindaklanjuti dengan peletakan batu pertama.

“Kita patut bersyukur karena BUMN kita yaitu PT PP dan PT Adhi Karya berhasil mendapatkan dua kontrak kerja sama melalui lelang senilai Rp8,5 triliun,” tutur Jokowi.

Sementara itu, dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Filipina Gilberto Eduardo Gerardo C. Teodoro, Jokowi mengapresiasi kepercayaan dan kepuasan pemerintah Filipina terhadap produk industri pertahanan Indonesia, seperti kapal udara ringan buatan PTDI dan kapal perang buatan PT PAL.

“Dan saya harap (kerja sama seperti) ini dapat terus dikembangkan, tidak hanya di Filipina tetapi juga di negara-negara lain,” tutur Presiden Jokowi.

Setelah menyelesaikan agenda lawatannya di Filipina, Presiden Jokowi bertolak ke Vietnam untuk meneruskan agenda dalam rangkaian kunjungannya ke tiga negara Asia Tenggara.


Baca juga: Kementerian BUMN bidik potensi kerja sama 50 miliar dolar AS dari AIPF
Baca juga: Waskita Karya raih dua kontrak jaringan irigasi senilai Rp612 miliar
Baca juga: Kontrak baru PT PP naik 34 persen jadi Rp29,3 triliun di Oktober 2023


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024