Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di Facebook menampilkan mantan Menkes Nafsiah Mboi promosi produk kesehatan di media sosial.

Dalam video tersebut, Nafsiah mempromosikan obat hipertensi yang dijelaskan merupakan hasil temuannya bersama dengan teman ilmuan lainnya. 

Berikut narasi dalam video tersebut:

Ribuan orang meninggal dunia akibat penyakit jantung di Indonesia. Ini adalah kenyataan, setiap satu dari lima penduduk di Indonesia akan mengalami masalah ini.

Kolesterol, musuh utama pembuluh darah. Itu adalah yang menyebabkan masalah tekanan darah tinggi dan penyakit kronis. 

Bersama dengan kelompok ilmuwan, kami mengembangkan obat yang membantu menyelesaikan masalah ini sekali dan selamanya, cepat dan tanpa efek samping. 

Anda tidak akan menemukannya di apotek, hanya di situs kami dengan harga dasar. Jangan menunda-nunda, stok terbatas, dan permintaan tinggi.

Namun, benarkah Mantan Menkes Nafsiah Mboi mempromosikan produk hipertensi?

 

Unggahan video hoaks yang menampilkan Mantan Menkes Nafsiah Mboi mempromosikan produk hipertensi. Faktanya, video tersebut merupakan editan. (Facebook)
Penjelasan:

Dilansir dari laman Kemenkes, konten yang mengatasnamakan mantan Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi mempromosikan produk tertentu adalah hoaks.

Mantan Menkes Nafsiah Mboi tidak pernah mempromosikan produk kesehatan apapun. Kemenkes meminta masyarakat jangan mudah percaya terhadap video promosi produk tertentu.

Klaim: Mantan Menkes Nafsiah Mboi mempromosikan produk hipertensi

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Kemenkes wajibkan penggunaan masker mulai 15 Desember 2023

Cek fakta: Waspada! Telepon mengatasnamakan Kemenkes tanyakan status vaksinasi

Baca juga: Kemenkes paparkan upaya mengendalikan hipertensi di Indonesia

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024