Tingginya trafik di tol ini diperkirakan karena besarnya minat masyarakat dari Pekanbaru yang akan berlibur ke Melaka melalui Pelabuhan Internasional Dumai ataupun sebaliknya, banyak masyarakat Dumai yang merayakan libur tahun baru di Pekanbaru
Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) mencatat 1,5 juta kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, terhitung dari 18 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan angka tersebut meningkat 38 persen jika dibandingkan Volume Lalu Lintas (VLL) normal dan meningkat 52 persen jika dibandingkan saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Adapun angka ini merupakan total VLL dari 9 ruas JTTS yang beroperasi penuh, yaitu Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka), Tol Palembang - Indralaya (Palindra), Tol Indralaya - Prabumulih (Inpra), Tol Bengkulu - Taba Penanjung (Bengtaba), Tol Pekanbaru - Dumai (Permai), Tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang), Tol Binjai - Langsa Seksi 1 & 2 (Binjai – Kuala Bingai), Tol Indrapura – Lima Puluh, dan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 2 – 6 (Seulimeum - Baitussalam).

Tjahjo menyebutkan bahwa dari total VLL tersebut, jalan tol yang memiliki trafik tertinggi terdapat di Tol Pekanbaru - Dumai sebanyak 303.446 kendaraan.

“Tingginya trafik di tol ini diperkirakan karena besarnya minat masyarakat dari Pekanbaru yang akan berlibur ke Melaka melalui Pelabuhan Internasional Dumai ataupun sebaliknya, banyak masyarakat Dumai yang merayakan libur tahun baru di Pekanbaru,” kata Tjahjo dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Selain itu, terdapat 2 tol fungsional yang dibuka guna mendukung kelancaran Natal-tahun baru yaitu Tol Kuala Bingai – Tanjung Pura, yang mempersingkat akses dari Langsa ke Binjai. Ruas tol tersebut dilalui 62.000 kendaraan dari 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024.

Kemudian, Tol Bangkinang – Koto Kampar yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat, dilintasi 12.000 kendaraan selama periode 24 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

“Kendaraan yang melintas pada kedua jalan tol fungsional tersebut didominasi oleh kendaraan Golongan I atau kendaraan pribadi. Dengan trafik yang signifikan tersebut, terlihat antusias tinggi pengguna jalan tol menggunakan JTTS sebagai jalur alternatif guna mempermudah akses antar kota maupun antar provinsi di Sumatera,” ujar Tjahjo.

Tjahjo menyampaikan bahwa dari hasil evaluasi, pelayanan Natal-tahun baru di JTTS telah berjalan baik dengan persiapan matang dan sejumlah strategi dalam mengantisipasi lonjakan trafik, antara lain pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan pembukaan rest area baru, penambahan fasilitas dan personil di lapangan hingga menerapkan metode rekayasa lalu lintas bersama dengan kepolisian daerah setempat.

“Tak hanya itu, kami juga meningkatkan kualitas jalan dengan melakukan pemeliharaan dan beautifikasi, sehingga zero pothole, agar aman dan nyaman untuk dilalui pengguna jalan tol,” tambah Tjahjo.

Dari hasil evaluasi, menurut Tjahjo, juga didapati penurunan angka kecelakaan dari yang sebelumnya 3 persen pada Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 menjadi 0 persen pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Selain itu, tidak terdapat antrean yang berarti di gerbang tol dengan ditambahnya alat transaksi seperti mobile reader dan top-up asongan serta personil, menjadi salah satu faktor kunci lancarnya operasional libur Natal-tahun baru kali ini.

“Kami berupaya untuk konsisten menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan tol, alhamdulillah di Nataru (Natal-tahun baru) tahun ini nihil kecelakaan dan minim kepadatan di gerbang tol. Harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” kata Tjahjo.

Selain itu, Hutama Karya juga menyediakan buku panduan digital yang berisikan peta jalur mudik, informasi tarif, fasilitas, rest area hingga informasi kuliner dan wisata di sekitar jalan tol yang dapat diakses melalui sejumlah platform seperti pada halaman laman (website) serta akun resmi media sosial Hutama Karya yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna jalan tol ketika akan melintas di JTTS.

Tjahjo menyampaikan apresiasi atas dukungan dari seluruh pihak yang bertugas, mulai dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat sehingga Tim Satgas Libur Nataru Hutama Karya menjadikan perjalanan Natal-tahun baru kali ini berlangsung dengan aman dan lancar.

"Kami berharap tahun ini semakin banyak masyarakat yang memilih JTTS sebagai alternatif jalur perjalanan, dan tentunya pelayanan di jalan tol kelolaan Hutama Karya terus meningkat dan terjaga kualitasnya,” ucap Tjahjo.

Baca juga: Hutama Karya rencanakan penyesuaian tarif empat ruas tol Trans Sumatera pada 2024

Baca juga: Progres proyek MRT rute Mangga Besar-Glodok-Kota mencapai 42,97 persen

Baca juga: Tol Sibanceh dilintasi 81.000 kendaraan selama libur Natal-tahun baru

Baca juga: Hutama Karya: 48.000 kendaraan lintasi tol fungsional Kuala Bingai

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024