Beijing (ANTARA) - China akan terus membantu memecahkan berbagai kesulitan yang dihadapi perusahaan-perusahaan swasta dengan menciptakan lingkungan yang baik bagi perkembangan ekonomi swasta, ujar seorang pejabat pemerintah.

Zheng Shanjie, Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) yang merupakan badan perencana ekonomi utama China, menyampaikan pernyataan tersebut dalam sebuah simposium yang dihadiri oleh para eksekutif perusahaan swasta, Selasa (9/1).

Sentimen dan penilaian ekonomi perusahaan swasta memberikan referensi penting bagi para pembuat kebijakan dalam analisis mereka terhadap situasi ekonomi, perumusan langkah-langkah kebijakan dan pengimplementasian kebijakan pengendalian makro, kata Zheng.

Zheng mengatakan, NDRC akan bekerja sama dengan departemen lain untuk mengintensifkan sejumlah upaya untuk melindungi hak dan kepentingan pengusaha swasta, mengoptimalkan komunikasi reguler dengan perusahaan swasta, dan menanggapi tuntutan spesifik perusahaan swasta.

Menurut NDRC, simposium tersebut diadakan dalam upaya untuk memahami pandangan para pengusaha terhadap situasi perekonomian saat ini, dan mendengarkan saran-saran mereka sehingga solusi terhadap kesulitan-kesulitan mereka dapat ditemukan dan lingkungan yang baik untuk pengembangan ekonomi swasta dapat tercipta.

Sementara itu para pengusaha yang hadir menyatakan bahwa permintaan dan ekspektasi pasar terus membaik, dan mereka memiliki keyakinan penuh terhadap prospek ekonomi untuk tahun 2024.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024