Jayapura (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Papua Nugini (PNG) Andriana Supandi mengatakan, saat pelaksanaan Pemilu 2024 akan disiapkan dua tempat pemungutan suara (TPS).

Dua TPS yang disiapkan itu berada di KBRI Port Moresby dan Konsulat RI di Vanimo, dengan jumlah pemilih tetap (DPT) tercatat 1.782 orang.

Selain menyalurkan suaranya secara langsung di TPS, para pemilih juga ada yang memilih melalui kotak suara keliling yang dikirim melalui pos, kata Dubes RI untuk PNG Andriana Supandi kepada Antara, Jumat.

Dihubungi dari Jayapura, Dubes Supandi mengakui jumlah DPT dapat bertambah mengingat banyak WNI yang menjadi pekerja migran kembali ke PNG dan Kepulauan Solomon karena setelah liburan akhir tahun.

Saat ini logistik pemilu baik itu surat suara, tinta pemilu, ATK, kotak suara sudah tiba dalam keadaan lengkap dan disimpan secara aman di ruangan khusus yang dikunci dan disegel di KBRI Port Moresby.

"Sejauh ini persiapan Pemilu di PNG dan Kepulauan Solomon berjalan aman serta lancar," kata Dubes Andriana.

Papua Nugini (PNG) adalah negara yang berbatasan langsung dengan tiga provinsi di Tanah Papua yaitu Papua,Papua Pegunungan dan Papua Selatan.
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024