Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebutkan ada tiga tahap upaya penanggulangan dampak kesehatan akibat banjir yang disiapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama musim hujan.
 
"Beberapa langkah mitigasi dampak kesehatan pada kejadian banjir yang disiapkan oleh Dinkes DKI antara lain upaya penanggulangan mulai dari pra-krisis, tanggap darurat dan pascakrisis," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
 
Pada tahap pra-krisis, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyiapkan peningkatan sumber daya kesehatan, pengelolaan risiko krisis dan pengurangan risiko.
 
Lalu, tahapan kedua, yakni tanggap darurat. Pada tahap ini Dinas Kesehatan DKI Jakarta memaksimalkan respons masyarakat terkait seluruh kondisi atau kedaruratan secara cepat dan tepat.
 
"Respons cepat dan tepat ini guna menyelamatkan, mencegah kecacatan lebih lanjut dan memastikan program kesehatan berjalan sesuai standar minimal pelayanan," ujar Ani.

Baca juga: Jakbar siapkan ribuan ember bibit nyamuk berwolbachia guna atasi DBD
 
Kemudian, tahapan terakhir, yakni pascakrisis yang ditujukan untuk mengembalikan kondisi sistem kesehatan masyarakat seperti pada kondisi pra-krisis.
 
Adapun data penyakit yang sering muncul saat musim hujan dan banjir seperti diare, demam tifoid (bakteri yang menyebar melalui makanan dan air), dermatitis (peradangan pada kulit), Leptospira (bakteri), tetanus, gigitan ular serta Demam Berdarah Dengue (DBD).
 
"Sampai 8 Januari 2024, 'incidence ratio' (angka kejadian) DBD 34,71 per 100.000 penduduk," kata Ani.
 
Dinkes DKI Jakarta mengimbau seluruh masyarakat Jakarta untuk selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga imunitas tubuh, menjaga kebersihan lingkungan dengan kerja bakti di wilayah masing-masing, melakukan pembersihan pascabanjir dan ditambah isolasi.

Baca juga: Pemkot Jakpus dan Puskesmas sosialisasi penyakit di musim hujan
 
Lalu menerapkan 5M Plus ,yakni menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan penampungan air seperti bak mandi, ember air, dan lain-lain.

Kedua, menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan ketiga mendaur ulang atau memanfaatkan kembali barang bekas yang berpotensi menimbulkan perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.
 
Keempat, mengganti air di pot tanaman setiap hari dan kelima menimbun barang-barang bekas atau plastik sampah yang digenangi air hujan seperti ban bekas. Plus-nya, yaitu melakukan pencegahan DBD saat musim hujan.
 
"Menguatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bersama kader kesehatan dan hubungi petugas kesehatan apabila ada keluhan kesehatan yang muncul," kata Ani.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024